Koko Cici Jakarta Rayakan Hari Bakcang Dengan Buka Bersama Anak Yatim

Acara yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan ini dirayakan dengan berbagi Bakcang sekaligus berbuka puasa bersama.

Koko Cici Jakarta Rayakan Hari Bakcang Dengan Buka Bersama Anak Yatim
Warta Kota/Nur Ichsan
Ilustrasi. Buka bersama 100 anak yatim piatu yang datang dari sejumlah panti asuhan di Jabodetabek di studio Trans7, Rabu (7/6/2017). 

WARTA KOTA, PLUIT -- Dalam rangka memperingati Hari Raya Bakcang yang jatuh pada 30 Mei 2017 lalu, Koko Cici Jakarta menyelenggarakan festival Bakcang bertajuk “BAKCANG FOR YOU, Serve with Love” di Atrium Utama Mal PIK Avenue, Jakarta Utara, Minggu, (11/06) petang.

Acara yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan ini dirayakan dengan berbagi Bakcang sekaligus berbuka puasa bersama dengan anak Panti Asuhan Agape.

Koko Abednego selaku ketua panitia acara ini mengatakan, Festival Bakcang For You merupakan aksi sosial oleh Koko Cici Jakarta untuk mengembangkan toleransi antara satu dengan yang lain dengan memberikan Bakcang kepada masyarakat tanpa melihat perbedaan suku, ras, dan agama.

"Selain itu kami juga ingin memperkenalkan lebih dalam lagi tradisi Bakcang yang merupakan salah satu warisan budaya Tionghua kepada masyarakat," kata Abednego melalui keterangan tertulisnya, Senin.

Koko Jakarta 2017, Koko Steven Tjhin menambahkan, sebagai duta budaya Tionghoa, Koko Cici Jakarta mengadakan festival Bakcang sebagai langkah nyata untuk melestarikan budaya Tionghoa.

Seperti tokoh dalam sejarah Bakcang yang sangat mencintai negaranya, Koko Cici sebagai warga negara Indonesia juga harus turut bangga terhadap Indonesia, salah satunya dengan bersikap toleransi terhadap keberagaman yang ada.

“Kami berharap acara ini dapat mengingatkan seluruh masyarakat khususnya di Jakarta akan kebudayaan Tionghoa sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan bersama," imbuhnya.

Menjelang buka puasa, Koko Cici Jakarta akan membagikan takjil dan melakukan buka bersama dengan para peserta acara, khususnya anak Panti Asuhan Agape.

Acara semakin meriah dengan penampilan dari Koko dan Cici Berbakat 2017, Cooking Demo "Cara Membuat Bakcang", serta Lomba Adu Cepat Makan Bakcang.

Acara akan diakhiri dengan nyanyian mars Koko Cici Jakarta dan juga pembagian bakcang gratis.

Sejarah Hari Raya Bakcang berawal pada masa Chunqiu (periode Musim Semi dan Gugur 770 SM – 476 SM). Diawali dari kisah seorang menteri Negara Chu yang merupakan pejabat berbakat, setia, dan bijaksana, namun tidak disukai keluarga kerajaan dan melompat bunuh diri ke sungai Miluo karena sedih akan masa depan negaranya yang dinodai perilaku buruk para pejabat lainnya.

Setelah rakyat mengetahui kematian menteri, rakyat segera mendayung perahu ke tengah sungai untuk mencari jenazah menteri tersebut.

Namun, jenazah tidak ditemukan, sehingga rakyat melemparkan nasi dan makanan agar ikan-ikan tidak merusak jenazah beliau.

Makanan tersebut adalah nasi berisi daging (ayam atau babi) berbentuk segitiga dan dibungkus dengan daun bambu untuk menghindarkan makanan tersebut dimakan naga penghuni sungai, makanan inilah yang dikenal sebagai Bakcang. Perlombaan mendayung perahu pun kerap menjadi cara merayakan Hari Raya Bakcang dengan maksud untuk mencari jenazah sang menteri.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved