Situasi Genting Kanker Serviks

Meninggalnya Jupe Momentum untuk Kian Galakkan Pencegahan Kanker Serviks

Meninggalnya artis dan penyanyi Yulia Perez (36) dapat dijadikan momentum untuk kian menggalakan pentingnya pencegahan kanker serviks di Indonesia.

Meninggalnya Jupe Momentum untuk Kian Galakkan Pencegahan Kanker Serviks
Warta Kota/Nur Ichsan
Sosialisasi kanker serviks. 

Situasi Genting Kanker Serviks

WARTA KOTA, PALMERAH-- Meninggalnya artis dan penyanyi Yulia Perez (36) alias Jupe dapat menjadi momentum untuk kian menggalakan pentingnya pencegahan kanker serviks di Indonesia.

Pasalnya, kanker serviks masih menjadi momok bagi kaum perempuan. Penyebabnya saat ini kanker serviks menjadi pembunuh utama perempuan di seluruh dunia terutama di negara miskin dan berkembang.

Menurut Prof. dr. Andrijono SpOG(K), salah satu inisiator program Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS), kanker serviks telah menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak ketiga di Indonesia.

Menurut data Globocan yang dirilis WHO/ICO Information Centro on HPV and Cervical Cancer tahun 2012, setiap satu jam dalam sehari satu perempuan Indonesia meninggal dan siprediksi terdapat 58 kasus baru setiap harinya.

“Perempuan Indonesia saat ini sedang dalam situasi genting terkena kanker serviks. Oleh karena itu, pencegahan dan deteksi melalui skrinning dan vaksinasi lebih baik dilakukan sejak dini daripada pengobatan,” kata Andrijono kepada Warta Kota, Sabtu (10/6).

Kepala Bidang Pelayanan Sosial Yayasan Kanker Indonesia Propinsi DKI Jakarta, dr Venita, secara statistik kanker serviks banyak diidap perempuan usia produktif. Padahal kanker ini dapat dicegah sejak remaja dengan vaksinasi.

Kanker serviks disebabkan oleh masuknya virus HPV (Human Papiloma Virus). Virus ini banyak jenisnya, namun yang bisa menyebabkan kanker serviks tipe 16 dan 18.

Vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks telah dibuktikan efektivitas dan keamannnya melalui penelitian.

Dibandingkan skrining, vaksin jauh lebih efektif. Vaksin mampu mencegah kejadian kanker serviks sampai 70 persen.

Halaman
123
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved