Sriboga Santuni Ratusan Penyandang Disabilitas

Sejak 2015, kami berinisiatif merangkul anak-anak berkebutuhan khusus bergembira dalam ajang buka puasa yang kami kemas dalam format playtainment.

Sriboga Santuni Ratusan Penyandang Disabilitas
Warta Kota/Ichwan Chasani
Edni Aswita Basri selaku Direktur SDM & Komunikasi PT. Sriboga Raturaya (kelima dari kiri, memakai batik) memberikan santunan secara simbolis kepada anak-anak berkebutuhan khusus (Disabilitas) SLB B Sana Dharma, SLB BC Mardi Asih dan SLB Sumber Budi juga 2 yayasan yaitu Yayasan Sayap Ibu dan Yayasan Pelita Indonesia serta 1 Komunitas yaitu Komunitas Fency di acara Media Gathering dan Buka Puasa Grup Sriboga Raturaya Bersama Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (Disabilitas). 
WARTA KOTA, PASAR MINGGU -- Melanjutkan tradisi yang dibangun sejak tahun 2015 lalu, Grup Sriboga Raturaya kembali menggelar ajang interaktif berbuka puasa bersama 225 anak-anak berkebutuhan khusus (disabilitas) di Swissbell Hotel & Residences, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2017).

Ratusan anak-anak berkebutuhan khusus itu berasal dari 7 lembaga dan komunitas yang menaungi dan menangani anak-anak disabilitas yaitu 4 Sekolah Luar Biasa (SLB): SLB A Pembina, SLB B Sana Dharma, SLB BC Mardi Asih dan SLB Sumber Budi; 2 yayasan yaitu Yayasan Sayap Ibu (YSI) dan Yayasan Pelita Indonesia serta 1 komunitas yaitu Komunitas Fency.

Para peserta kegiatan bertema ‘Senyum Ceria Ramadhan’ itu adalah mereka yang menyandang berbagai jenis disabilitas seperti tuna rungu, tuna wicara, tuna netra, tuna daksa hingga tuna grahita (down syndrome, hydrosephalus).

“Sejak 2015, kami berinisiatif merangkul anak-anak berkebutuhan khusus bergembira dalam ajang buka puasa yang kami kemas dalam format playtainment yaitu bermain dan hiburan. Kami tergugah kembali mengajak mereka bercengkrama dengan keluarga besar kami di momen bulan suci Ramadhan ini,” ungkap Edni Aswita Basri selaku  Direktur SDM & Komunikasi PT. Sriboga Raturaya, Rabu (7/6/2017).

Lanny Tjong, CSR Manager Sriboga Food Group menambahkan bahwa tujuannya kegiatan itu adalah agar anak-anak penyandang disabilitas bisa menikmati permainan, dan kebersamaan. “Mereka juga akan bertemu sesama penyandang disabilitas dari yayasan lain sehingga mereka bisa saling mengenal satu sama lain,” tuturnya.

Tak sekedar bermain saja, kata Lanny, melalui wahana permainan yang dikemas dengan konsep terapi sambil bermain ini, anak disabilitas akan dirangsang dan dilatih motorik mereka dengan permainan-permainan yang tepat. “Permainan yang diberikan ini secara garis besar juga dapat membantu motorik serta daya saing masing-masing peserta agar terpacu untuk menjadi juara dalam sebuah permainan,” kata Lanny.

Selain acara buka bersama tersebut, Grup Sriboga juga menggelar kegiatan lain berupa drop and go, yaitu pemberian takjil buka puasa bagi para penghuni panti asuhan. Tahun ini ada 5.765 anak di seluruh Indonesia yang menjadi sasaran kegiatan tersebut, lebih banyak dari tahun sebelumnya yang berjumlah 5.000 anak.

Grup Sriboga Raturaya juga tengah menjalankan program Berbagi Berkah, dimana pelanggan diajak membeli beberapa produk di jaringan restoran grup tersebut. Keuntungan pembelian produk tersebut akan disumbangkan ke seluruh panti asuhan. Program ini berlangsung antara 8 Mei 2017 sampai 16 Juli 2017.

“Respon pelanggan sangat bagus, banyak sekali pembelian paket, apalagi setelah tahu keuntungannya akan dibagikan kepada panti asuhan. Total donasi sampai tanggal 28 Mei sekitar Rp350 juta dari seluruh Indonesia. Hasilnya akan kami sumbangkan dalam bentuk sepatu sekolah,” terang Lanny. 

Menurut Lanny, dari hitungan kasar, nantinya akan ada sekitar 17.800 pasang sepatu yang akan dibagikan. Untuk mewujudkan 17.800 pasang sepatu itu diperlukan dana sekitar Rp1,6 miliar. “Target kami untuk pengumpulan donasi ini sekitar Rp2 miliar,” tandas Lanny.

Grup Sriboga Raturaya adalah induk perusahaan dari PT Sriboga Flour Mill (industri tepung terigu), PT Sriboga Bakeries Integra (industri roti tawar, roti manis, bread crumb); PT Sarimelati Kencana (Pizza Hut Indonesia, Pizza Hut Delivery dan The Kitchen by Pizza Hut), PT Sriboga Marugame Indonesia (Marugame Udon & Tempura), PT Usaha Dagang Sumber Rejeki (distribusi produk tepung terigu), dan PT IPMI International Indonesia (pendidikan).
 
Penulis:
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved