Gawat Minimarket di Tangerang Menjual Makanan Mengandung Boraks dan Formalin

Petugas melakukan pemeriksaan atau uji cepat terhadap 27 sampel di antaranya terhadap sejumlah bahan pangan.

Warta Kota/Andika Panduwinata
Makanan berformalin diketahui juga dijual di supermarket. 

WARTA KOTA, TANGERANG -- Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten menggelar inspeksi mendadak di minimarket pada Rabu (7/6/2017).

Minimarket yang dirazia petugas yakni Pasar Modern Town Market, Tangerang yang menjual makanan mengandung boraks dan formalin.

Petugas melakukan pemeriksaan atau uji cepat terhadap 27 sampel di antaranya bahan pangan seperti, daging ayam, daging sapi, ikan basah, beberapa jenis tahu, kuetiaw, risol, serta jenis jajanan lainnya.

Untuk hasil yang didapat BPOM di lokasi Pasar Modern Town Market, Kota Tangerang tidak menemukan zat berbahaya baik formalin atau pun borak pada pangan seperti daging ayam, sapi, ikan basah, atau ikan asin.

"Tapi, kami menemukan makanan yang mengandung formalin di tahu kuning, tahu putih, serta kuetiaw. Dan yang mengandung borak di jajanan risol. Ada juga yang mengandung pewarna tahu orange, dan kue mangkok," ujar Fikri Nazaruddin selaku Staff Seksi Pemeriksaan dan Sertifikasi serta Layanan Informasi Konsumen BPOM Provinsi Banten saat menggelar sidak pada Rabu (7/6/2017).

Ia menambahkan, untuk saat ini, tindakan yang diambil oleh tim adalah memberikan peringatan, pembinan dan diberikan surat pernyataan.

Agar tidak mengulanginya kembali, serta tak membeli ke produsen yang sama.

"Tindak lanjutnya kami beri pembinaan pada pedagang, dan kemudian diihat progresnya apa kah masih dijual atau tidak," katanya.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved