Silicon Valley Hadir di BSD

Nantinya Digital Hub BSD City digadang-gadang akan seperti Silicon Valley yang ada di San Francisco Bay Area, Amerika Serikat (AS).

Silicon Valley Hadir di BSD
Warta Kota
Maket kawasan Digital Hub BSD City seluas 25,86 hektare yang digadang-gadang akan seperti Silicon Valley yang ada di San Francisco Bay Area, Amerika Serikat (AS). 

WARTA KOTA, SERPONG -- KAWASAN Digital Hub BSD City seluas 25,86 hektare tepat di bagian selatan Green Office Park, BSD City, Kota Tangerang Selatan, akan mulai dibangun.

Prosesi groundbreaking atau peletakan batu pertamanya dilakukan pengembang properti Sinar Mas Land, Kamis (18/5).

Area Digital Hub BSD City ditujukan untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian dari perusahaan teknologi dan digital mulai dari start up, tech leader, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang informasi dan teknologi.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (kelima dari kiri), Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja (keenam dari kiri), dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (ketujuh dari kiri) secara simbolis melakukan groundbreaking kawasan Digital Hub di BSD City, Serpong, Tangerang, Kamis (18/5). Kawasan yang diperuntukkan bagi perusahaan dan institusi pendidikan di bidang teknologi dan digital ini akan mulai dibangun tahun ini dan ditargetkan selesai tahun 2019. (Mochammad Dipa)
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (kelima dari kiri), Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja (keenam dari kiri), dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf (ketujuh dari kiri) secara simbolis melakukan groundbreaking kawasan Digital Hub di BSD City, Serpong, Tangerang, Kamis (18/5). Kawasan yang diperuntukkan bagi perusahaan dan institusi pendidikan di bidang teknologi dan digital ini akan mulai dibangun tahun ini dan ditargetkan selesai tahun 2019. (Mochammad Dipa) ()

Nantinya Digital Hub BSD City digadang-gadang akan seperti Silicon Valley yang ada di San Francisco Bay Area, Amerika Serikat (AS).

"Pembangunan kawasan Digital Hub ini menelan biaya hingga Rp 7 triliun. Dan ini bentuk keseriusan Sinar Mas Land untuk merealisasikan sebuah kawasan yang mendukung industri teknologi yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas lengkap," ungkap Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja, saat menggelar groundbreaking Kawasan Digital Hub BSD City, Kamis (18/5).

Selain jajaran Direksi Sinar Mas Land, hadir pada acara tersebut Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf serta jajaran muspida setempat.

Kawasan yang dibangun secara bertahap ini, selain ada gedung-gedung perusahaan IT, juga akan ada alokasi tempat yang digunakan untuk sektor pendidikan seperti universitas hingga sekolah yang fokus terhadap teknologi.

"Pendanaan dibagi per fase, sekitar Rp 5 triliun untuk fase satu 2017-2021, pendanaannya self internal funding," jelas Michael.

Pada kesempatan yang sama, Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land Irawan Harahap mengatakan, tahap pertama pembangunan infrastruktur Digital Hub akan mulai kuartal kedua 2017 dan ditargetkan selesai tahun 2019 mendatang.

"Gedung yang pertama akan rampung pada kuartal pertama 2019. Untuk satu gedung nya saja menelan biaya kurang lebih Rp 500-600 miliar, di luar infastruktur, maka kurang lebih setelah infrastruktur jadi pada 2019 mungkin kurang lebih nilainya Rp 1 triliun," ujarnya.

Rp 200.000 per meter
Gedung perdana di kawasan Digital Hub itu akan diberi nama Knowledge Hub yang terdiri dari 5 lantai dan dibangun di atas tanah seluas 25.000 meter persegi.

Beragam fasilitas disediakan, seperti social coloboration/sosial ecospace yang merupakan sebuah tempat bagi para pemain industri digital berkumpul dan bertukar pikiran dalam menciptakan sebuah ide.

“Harga sewa kantor sekitar Rp 200.000 per meter persegi di tahun 2020, karena begitu selesai pembangunan di 2019, memakai harga sewa tersebut pada tahun 2020,” ucapnya. (dip)

3 Skema Bisnis ‘Digital Hub’
1. Disewakan ke techno leaders/digital communities
2. Membeli tanah dan bangun sendiri kantornya atau showcase center-nya atau innovation hub-nya di Indonesia
3. Konsep Build to Suit (BTS)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved