Breaking News:

Produk Pelembab Halal Minim, Mahasiswa Brawijaya Ciptakan Pelembab dari Ceker Ayam

Tiga mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya berhasil menciptakan sumber kolagen halal untuk bahan pelembab wajah berbahan baku ceker ayam

Humas UB
Tiga mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Brawijaya yang behasil mencipakan kolagen untuk pelembab ajah berbahan baku kulit ceker ayam dan kulit buah apel. 

WARTA KOTA, MALANG - Tiga mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Brawijaya dibawah bimbingan dosen Firman Jaya berhasil menciptakan sumber kolagen halal untuk bahan kosmetik (pelembab) wajah berbahan baku kulit ceker ayam.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Edho Okta H, Dwi Hartanti, dan Florida M.

"Selain berbahan baku kulit ceker ayam, pelembab wajah halal ini juga kami tambahkan kulit buah apel sebagai antioksidan," kata Ketua Tim penemu kolagen halal tersebut, Edho Okta di Malang, Jawa Timur, Kamis (1/6/2017). 

Baca: Timnas Basket Indonesia Siap Maju ke SEA Games 2017 Tanpa Naturalisasi

Kulit apel, kata Edho, memiliki flanovol dan prosianidin yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini.

"Produk temuan kami ini sebagai upaya untuk memanfaatkan limbah kulit ceker ayam dan kulit apel sekaligus mewujudkan kosmetik pelembab wajah yang bersertifikasi halal, aman, dan ramah lingkungan," katanya.

Baca: Yuk, Cermat Memilih Pelembab

Ia mengakui pelembab wajah merupakan produk kosmetik yang sering digunakan, sebab mampu mereduksi gejala kulit kering dan bersisik sehingga permukaan kulit menjadi lembut dan halus.

Salah satu bahan dasar pembuatan pelembab ialah kolagen yang berperan penting untuk proses pertumbuhan sel dan jaringan (regenerasi).

Hanya saja, kolagen biasanya diambil dari jaringan ikat hewan dan mayoritas perusahaan kosmetik kurang memperhatikan kehalalan produknya. 

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved