VIDEO: Begini Aksi Drummer Gilang Ramadan Bersama Para Pengamen Jalanan

Bukan hanya para pengamen yang antusias, Gilang juga tampak sangat antusias saat memberikan pengajaran, dan saat bermain drum bersama sejumlah pengame

VIDEO: Begini Aksi Drummer Gilang Ramadan Bersama Para Pengamen Jalanan
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Workshop musik ke pengamen jalanan yang diberikan drummer ternama Gilang Ramadan di Kemendikbud, Selasa (30/5/2017). 

WARTA KOTA, DEPOK -- Drummer dan musisi ternama Gilang Ramadan memberikan materi dalam workshop musik yang dihadiri 46 pengamen atau musisi jalanan se Jabodetabek, di Gedung A, Kemendikbud, Selasa (30/5/2017).

Dalam kesempatan itu Gilang sempat memberi pelatihan dasar teknik bermain alat musik drum.

Ia juga sempat unjuk kebolehan dan bermain musik perkusi bersama para pengamen jalanan.

Bukan hanya para pengamen yang antusias, Gilang juga tampak sangat antusias saat memberikan pengajaran, dan saat bermain drum bersama sejumlah pengamen yang memainkan alat musik perkusi lainnya.

Pengamen yang menghadiri workshop ini adalah mereka yang telah lolos seleksi dari 120 musisi jalanan se Jabodetabek, yang sebelumnya mendaftar dalam audisi program Kartu Bebas Ngamen atau Support Performance Card (Supercard), di Sekertariat Institut Musik Jalanan (IMJ) di Pancoran Mas, Depok, pekan lalu.

Program Supercard Jabodetabek ini merupakan program Kemendikbud yang dilakukan bersama IMJ selalu penggagas dan penginisiasi program.

Pendiri IMJ Andi Malewa menuturkan dirinya turut mendampingi langsung puluhan pengamen jalanan yang lolos audisi dalam mengikuti workshop yang diadakan Kemendikbud ini.

Workshop diberikan ke para pengamen sebelum nantinya mereka mendapat Supercard Jabodetabek atau Kartu Bebas Ngamen, lalu ditempatkan mengamen atau bermain musik di tempat yang disediakan Kemendikbud, seperti mal, cafe, hotel, restauran, ruang terbuka publik atau tempat berekspresi lainnya.

"Gilang Ramadan memberikan materi teknis dalam workshop ini dan sempat menunjukkan kebolehannya serta bermain perkusi bersama peserta workshop," kata Andi, kepada Warta Kota, Selasa (30/5/2017).

Menurutnya para pengamen atau musisi jalanan yang hadir, sangat antusias mengikuti workshop dan tampak termotivasi dengan materi yang diberikan Gilang Ramadan.

Andi mengatakan untuk Ridho 'Slank', gitaris band ternama, yang rencananya juga akan dihadirkan dalam workshop, baru akan memberikan pelatihan singkat ke para pengamen pada 5 Juni mendatang.

"Saat itu Kemendikbud akan mengundang sejumlah pejabat terkait serta para pelaku usaha, pemilik atau pengelola mal, cafe, resto dan lainnya di Jabodetabek dalam acara sosialisasi program ini. Kemudian para pengamen akan perform di depan mereka, sekaligus memperkenalkan para musisi jalanan ini," kata Andi.

Kegiatan itu katanya berupa sosialisasi program Kartu Bebas Ngamen atau Supercard Jabodetabek ke pelaku usaha, sehingga diharapkan para pelaku usaha memberikan tempat ke para pengamen atau musisi jalanan yang sudah memperoleh Supercard.

"Para pelaku usaha bisa melihat sendiri kualitas para musisi jalanan ini," kata Andi.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved