Universitas Budi Luhur Menjuarai Kontes Robot Indonesia

Akan dilaksanakan kontes untuk tingkat nasional yangakan dilaksanakan pada tanggal 6 - 9 Juli 2017 di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Universitas Budi Luhur Menjuarai Kontes Robot Indonesia
Warta Kota/Andika Panduwinata
Universitas Budi Luhur Menjuarai Kontes Robot Indonesia 

WARTA KOTA, TANGERANG - Kontes Robot Indonesia merupakan suatu wacana yang sangat menarik bagi mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi. Mereka dapat mengimplimentasikan gagasan dan ide - ide menjadi suatu karya robot yang fungsional dengan memanfaatkan pengetahuan yang multi disiplin.

Robot - robot yang diikutkan dalam kontes tersebut harus dirancang dan dibuat sendiri, dengan menggunakan sensor - sensor, aktuator serta rangkaian elektronika dan unit pengendali yang ada. Harus diprogramkan sesuai dengan tema kontes.

Selain itu kerja sama yang baik antara anggota tim peserta dan gagasan strategi yang terbaik juga akan menjadi faktor penting bagi suksesnya suatu tim dalam kontes ini.

Kontes Robot Indonesia yang diadakan setiap tahun telah mampu membangun suasana kompetisi yang kondusif dikalangan mahasiswa, dosen mau pun perguruan tinggi yang berpartisipasi.

Dalam kontes tersebut Ketua Tim Robot Universitas Budi Luhur, Ciledug, Yan Everhard, menjelaskan bahwa pihaknya memiliki komitmen besar dan konsisten dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.

Hal tersebut dibuktikan dengan selalu memberikan dukungan secara penuh bagi mahasiswanya dalam mengikuti kegiatan kontes robot yang akan berdampak pada semakin berkembangnya kreativitas mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya serta menghasilkan produk yang berkualitas dan inovatif.

"Tim robot Universitas Budi Luhur selalu berpartisipasi secara rutin sejak tahun 2004 - 2017 yang selalu mendapatkan juara dalam ajang Kontes Robot Indonesia baik Regional mau pun Nasional," ujar Yan Everhard pada Kamis (25/5/2017).

Untuk kali ini Tim Robotic Universitas Budi Luhur dari Fakultas Teknik dan Fakultas Teknologi Informasi berpartisipasi mengikuti perhelatan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017 tingkat Regional 2 yang berlangsung di Universitas Telkom mulai tanggal 18 - 20 Mei 2017.

Tim Robotic Universitas Budi Luhur bertarung dengan 36 tim kampus yang berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sulawesi dan Papua.

"Kami menurunkan 4 tim untuk 4 kategori kontes dari 5 kategori yang diadakan," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved