Menwa Jayakarta Diharapkan Bisa Jadi Motor Penggerak untuk Solusi Generasi Muda

Keikutsertaan Resimen Mahasiswa (Menwa) dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia merupakan bagian yang penting.

Menwa Jayakarta Diharapkan Bisa Jadi Motor Penggerak untuk Solusi Generasi Muda
Warta Kota
Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, saat menjadi inspektur upacara HUT ke-55 Menwa Jayakarta di Lapangan Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta Timur, Rabu (24/5/2017). 

WARTA KOTA, PULOGADUNG -- Resimen Mahasiswa (Menwa) Jayakarta harus dapat menjadi motor penggerak dalam menyelesaikan masalah-masalah yang timbul di generasi muda.

Menwa Jayakarta juga diingatkan untuk konsisten berdiri di atas semua golongan.

Demikian, seperti dikatakan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, saat menjadi inspektur upacara HUT ke-55 Menwa Jayakarta di Lapangan Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta Timur, Rabu (24/5/2017).

"Keikutsertaan Resimen Mahasiswa (Menwa) dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia merupakan bagian yang terlalu penting untuk kita lupakan," katanya di depan 2.000 anggota Menwa.

Dalam menjalankan roda pembangunan, kata Zulkifli, dibutuhkan kesepahaman akan nilai-nilai kebangsaan pada seluruh stakeholders, yang pada akhirnya berujung pada tercapainya cita-cita nasional,” katanya.

Ketua Umum Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) ini mengatakan bahwa keberadaan Menwa diharapkan mampu untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan termasuk di  dalamnya empat konsensus bangsa yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Keberadaan Menwa Jayakarta, menurut Zulkifli, memiliki tantangan yang cukup besar jika dibandingkan dengan Menwa yang berada di daerah lain.

"Jakarta sebagai kota megapolitan memiliki berbagai permasalahan yang di antaranya adalah menurunnya nilai-nilai kebangsaan," katanya.

Di sisi lain, kata Zulkifli, generasi muda Jakarta yang cenderung apatis juga menjadi tantangan dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan termasuk empat konsensus kebangsaan.

Sementara itu, Komandan Menwa Jayakarta, Raden Umar mengatakan, dengan terpilihnya Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai pasangan pemimpin baru Jakarta, dapat lebih bersinergi dengan Menwa Jakarta.

"Sinergi yang lebih baik lagi dalam membangun keberagaman etnis dan suku bangsa, serta lebih peduli dalam membangun generasi muda Jakarta yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan," ujar Raden.

Sedangkan Komandan Nasional Menwa, Ahmad Riza Patria mengapresiasi terhadap pencapaian yang telah dilakukan Menwa Jayakarta yang turut andil dalam pembangunan Ibukota secara konkret dan nyata.

"Contohnya program nyata biopori, bank sampah dan program kali bersih sangat dirasakan manfaatnya oleh warga Jakarta," terang Riza.

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved