BPOM DKI Temukan Produk Kemasan Salahi Izin Usaha

Kepala Balai Besar POM DKI Jakarta Dewi Prawitasari bilang, sidak dilakukan dalam rangka pengawasan produk makanan jelang ramadan.

Warta Kota/Feryanto Hadi
Petugas gabungan dari BPOM Jakarta Selatan dan Polrestro Jakarta Selatan menggelar sidak bahan makanan di swalayan Kem Chicks Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (16/5). 

WARTA KOTA, MAMPANG PRAPATAN -- Petugas gabungan dari BPOM Jakarta Selatan dan Polrestro Jakarta Selatan menggelar sidak bahan makanan di swalayan Kem Chicks Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (16/5).

Hasilnya, sejumlah makanan kemasan diketahui menyalahi ijin usaha.

Kepala Balai Besar POM DKI Jakarta Dewi Prawitasari bilang, sidak dilakukan dalam rangka pengawasan produk makanan jelang ramadan.

Petugas gabungan dari BPOM Jakarta Selatan dan Polrestro Jakarta Selatan menggelar sidak bahan makanan di swalayan Kem Chicks Kemang, Jakarta Selatan , Selasa (16/5).
Petugas gabungan dari BPOM Jakarta Selatan dan Polrestro Jakarta Selatan menggelar sidak bahan makanan di swalayan Kem Chicks Kemang, Jakarta Selatan , Selasa (16/5). (Warta Kota/Feryanto Hadi)

Dari sidak tersebut diketahui ada makanan kemasan yang nomor izin usahanya sudah tidak berlaku lagi.

Adapula produk makanan kemasan yang izin usahanya sudah habis dan produk yang kemasannya rusak.

"Yang bahaya kalau kemasan makanan udah rusak atau peyok. Bakteri dengan ukuran kecil bisa masuk. Efek penggunanya bisa kejang-kejang kalau konsumsi makanan itu," kata Dewi.

Puluhan produk makanan kaleng itu pun kemudian dimusnahkan di lokasi dengan cara dibuka kemudian isinya dibuang dalam sebuah ember besar.

"Kami akan telusuri siapa nanti distributornya. Kalau dari pihak swalayan saya kira ini hanya kurang teliti saja," ujarnya.

Secara total ada 36 produk makanan kemasan dan makanan siap saji yang diperiksa pada sidak itu. Dari keseluruhannya, tidak ditemukan bahan berbahan berbahaya seperti Rodhamin B, Methanil Yellow, Boraks, Formalin.

Petugas gabungan dari BPOM Jakarta Selatan dan Polrestro Jakarta Selatan menggelar sidak bahan makanan di swalayan Kem Chicks Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (16/5).
Petugas gabungan dari BPOM Jakarta Selatan dan Polrestro Jakarta Selatan menggelar sidak bahan makanan di swalayan Kem Chicks Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (16/5). (Warta Kota/Feryanto Hadi)

Kapolrestro Jakarta Selatan Kombes Iwan Kurniawan mengatakan, pihaknya selama ini juga rutin melaksanakan pengawasan untuk memastikan tidak adanya penyimpangan.

"Bahkan kami sudah punya Satgas Pangan yang kami bentuk awal Mei ini," katanya.

Satgas Pangan nantinya bertugas melakukan pengawasan dan pengecekan ketersediaan sembako dan pangan olahan jelang bulan ramadan.

"Ini untuk melihat stok makanan, terutama bagaimana distribusinya. Jangan sampai ada penimbunan yang bisa menyebabkan kelangkaan atau melonjaknya harga pangan," katanya. (fha)

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved