Pentingnya Publikasi Riset Keuangan dan Perbankan untuk Pembangunan

Terdapat dua tujuan utama dari lokakarya dan publikasi ilmiah, pertama untuk memahami topik terkini dan dapat dikembangkan lebih lanjut.

Warta Kota/Alija Berlian Fani
Konferensi pers HSBC di Best Western Premier The Vibe, Jakarta Timur, Senin (15/5/2017). 

WARTA KOTA, DUREN SAWIT -- Salah satu indikator kemajuan sebuah negara berasal dari publikasi riset di jurnal internasional, termasuk bidang keuangan dan perbankan untuk menopang pertumbuhan ekonomi.

Namun, berdasarkan data Scimago Journal and Country Rank, penulisan karya ilmiah di Indonesia terbilang rendah dan masih tertinggal dengan Malaysia dan Singapura, yang jumlah penduduknya lebih sedikit.

"Terdapat dua tujuan utama dari lokakarya dan publikasi ilmiah, pertama untuk memahami topik terkini dan dapat dikembangkan lebih lanjut," kata Wahyoe Soedarmono, Project Manager Program Kerjasama HSBC-PSF saat konferensi pers di Best Western Premier The Vibe, Jakarta Timur, Senin (15/5/2017).

Ia menambahkan yang kedua adalah untuk memberikan panduan praktis bagaimana menulis riset ilmiah dan melakukan publikasi riset di jurnal internasional.

Menurutnya, perkembangan ekonomi di Indonesia saat ini masih banyak yang dapat dikembangkan dan lebih dimaksimalkan terutama di sektor supply and demand.

"Jika kita melihat dari penawan dan permintaan masih sangat luas, terutama untuk stabilitas memperkuat keuangan perbankan, karena stabilitas merupakan faktor esensial dalam ekonomi," ungkapnya.

Di sinilah peran riset sebagai motor utama untuk menghasilkan penemuan dan inivasi yang berujung pada peningkatan daya saing bangsa. (Alija Berlian Fani)

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved