Harga Bawang Putih Tembus Rp60 Ribu per Kilo

Harga bawang putih beberapa minggu belakangan ini tengah meningkat secara derastis hingga mencapai Rp 60.000 per kilogramnya.

Harga Bawang Putih Tembus Rp60 Ribu per Kilo
Alija Berlian Fani
Bawang putih dan sejumlah bahan penyedap masakan di Pasar Kebayoran, Minggu (14/5/2017). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Alija Berlian Fani

WARTA KOTA, KEBAYORAN LAMA -- Harga bawang putih beberapa minggu belakangan ini tengah meningkat secara derastis hingga mencapai Rp 60.000 per kilogramnya.

"Sudah satu bulan terakhir harga pada naik, bawang putih tadinya Rp 40 ribu sekarang sudah Rp 60 ribu untuk yang kuting, Rp 55 ribu untuk yang biasa," kata Susi (43) pedagang kebutuhan pokok pada wartakotalive.com di Pasar Kebayoran, Jakarta Selatan, Minggu (14/5/2017).

Berdasarkan pantauan, tiap pedangan yang menjual kebutuhan pokok hanya memiliki stock jualan yang berjumlah sedikit.

Terutama pada jenis bawang putih, di mana terlihat para penjualan hanya memiliki satu keranjang dan bahkan tidak penuh bila dibandingkan jenis lainnya.

Menurut wanita yang sudah puluhan tahun berjualan, harga naik lantaran jumlah pasokan yang datang sedikit dan kenaikan harga juga biasa terjadi bila menjelang bulan suci Ramadan.

"Tiap mau puasa pasti harga pada naik, kemungkinan harga makin tinggi ada, tergantung barang ada apa ngganya yang datang," ungkapnya.

Namun harga cabai rawit merah yang sempat tebus di angka Rp 150.000 saat ini tengah diharga yang relatif normal dan tidak naik setinggi itu lagi.

"Cabai rawit merah Rp 70 ribu, bawang merah Rp 36 ribu, cabai merah keriting Rp 40 ribu. Semua naik tapi seribu, dua ribu, tapi ngga kaya bawang putih," jelasnya. (M9)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved