Bus Zaki Transport yang Terguling di Ciloto Gunakan KIR Palsu

"Kami coba masukkan nomor uji di aplikasi, tidak terdaftar. Kami juga scan barcode yang ada di badan bus, ternyata palsu juga," imbuhnya.

Bus Zaki Transport yang Terguling di Ciloto Gunakan KIR Palsu
TribunnewsBogor.com
Kecelakaan di Jalur Puncak, tepatnya di Desa Ciloto, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Minggu (30/4/2017). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Feryanto Hadi

WARTA KOTA, PULOGADUNG -- Pihak Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Pulogadung mengkonfirmasi bahwa buku kir yang dimiliki bus Kitrans atau Zaki Transport yang kecelakaan di Ciloto, Kabupaten Cianjur, Minggu (30/4) lalu adalah palsu.

Sebelumnya dari data yang diperoleh Polres Cianjur, menunjukkan kendaraan tersebut menjalani uji kir di PKB Pulogadung.

Pihak PKB pun dimintai keterangan untuk mengetahui kebenaran buku kir itu.

"Tapi setelah kami cek tidak ada data bua dengan nopol B 7058 BGA uji kir di sini. Parahnya, setelah kami lihat buku kirnya, banyak sekali yang dipalsukan termasuk mereka mencantumkan nama kepala PKB Pulogadung juga salah, bukan nama pimpinan yang sebenarnya," kata Tiyana Brotoadi selaku Kasatpel PKB Pulugadung.

"Kami coba masukkan nomor uji di aplikasi, tidak terdaftar. Kami juga scan barcode yang ada di badan bus, ternyata palsu juga," imbuhnya.

Tiyana menyebut, bus keluaran tahun 1995 itu sebelumnya bernomol polisi luar Jakarta. Ia tak tahu pasti kapan bus dimutasikan menjadi plat Jakarta terbaru dengan tiga huruf di akhir nomor polisi.

"Dari keterangan yang tercamtum, STNK dikeluarkan pada Januari 2017 ini oleh pihak Samsat DKI Jakarta. Saya juga belum tahu bagaimana alur teknisnya (sampai STNK keluar), sementara buku kir bus itu palsu. Kalaupun dia mutasi, dia cabut berkasnya juga tidak lengkap," jelasnya.

Tiyana menyebut, nomor seri yang ada buku kir menunjukkan bus tersebut pernah jalani uji kir di luar Jakarta.

"Yang janggal, nomor seri buku kirnya daerah tapi data-datanya menunjukkan kir di Jakarta. Ini jelas pemalsuan dan bisa dikenakan pasal pidana," kata Tiyana.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved