PD Pasar Jaya Gelar Sosialisasi Saber Pungli di Pasar Glodok

Sebanyak 33 anggota Tim Saber Satgas Pungli nantinya akan melakukan pengawasan baik dari sisi intern pegawai Pasar Jaya.

PD Pasar Jaya Gelar Sosialisasi Saber Pungli di Pasar Glodok
Warta Kota/Feryanto Hadi
PD Pasar Jaya terus melakukan sosialisasi keberadaan tim saber pungli. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- PD Pasar Jaya terus melakukan sosialisasi keberadaan tim Saber Pungli guna mewujudkan kawasan pasar yang bebas pungli. Pada Rabu (3/5), sosialisaasi dilakukan di PD Pasar Glodok, Jakarta Barat, kepada ratusan peserta mulai dari kepala pasar area barat hingga perwakilan pedagang.

Sosialisasi ini dilakukan sebagai tindak lanjut pembentukan tim saber pungli tingkat provinsi pada 30 Maret lalu

Ketua Satuan Pengawas Internal Muhammad Nurhavidz menyatakan, pasar menjadi salah satu tempat aktifitas dalam menyediakan kebutuhan semua orang.

Tidak sedikit orang yang mengunjungi pasar untuk memenuhi kebutuhan dan menjadikan pasar sebagai salah satu sarana atau pusat kegiatan yang akan selalu dikunjungi orang setiap hari.

"Sehingga segala bentuk aktivitas dapat terjadi, termasuk peluang terjadinya pungli di tempat tersebut," katanya melalui keterangan tertulis kepada Warta Kota, Rabu.

Nurhafidz menambahkan, dalam rangka mendukung upaya Pemerintah dalam rangka Pemberantasan Pungutan Liar yang tertuang dalam Perpres No 87 Thn. 2016 dan SK Gubernur No. 2786 Tahun 2016 Tentang Unit Pemberantasan Pungutan Liar.

Pihaknya telah membentuk Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (SatGas SaBer PungLi) melalui Keputusan Direksi PD Pasar Jaya Nomor 98/2017 tanggal 24 Maret 2017.

"Untuk mengubah stigma pasar menjadi lebih baik, pembangunan tidak hanya secara fisik. Tetapi kita juga bangun dari sisi manusianya. Salah satunya dengan membentuk tim saber pungli ini," katanya.

Ia menyebut, integritas jauh lebih penting dari sekadar mencari keuntungan perusahaan.

Ia juga menegaskan tim tersebut dibentuk bukan untuk menakut-nakuti, melainkan upaya preventif dari tindakan pungli serta mendukung program berantas pungli yang telah dicanangkan pemerintah pusat.

Sebanyak 33 anggota Tim Saber Satgas Pungli nantinya akan melakukan pengawasan baik dari sisi intern pegawai Pasar Jaya maupun oknum-oknum yang kerap meresahkan pedagang maupun pengunjung pasar

Adapun tujuan dari sosialisasi ini, menurutnya, sebagai upaya memberikan pemahaman agar tidak terjadi pungutan liar di lingkungan pasar seperti pungli biaya pengelolaan, parkir, kebersihan dan keamanan.

"Kami minta kepada pedagang maupun pengunjung pasar agar tidak segan-segan melaporkan jika ada indikasi tindakan pungli di lokasi pasar," jelasnya

Bagi masyarakat yang ingin melaporkan tindakan pungli dapat menghubungi Humas dengan nomor 081280080063.

"Dipastikan, setiap pengaduan yang masuk akan ditindaklanjuti. Kami akan lihat kesalahannya. Kalau terbukti, dikenakan sanksi administrasi hingga pemecatan," katanya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved