Breaking News:

Rayakan Hari Kartini, Ratusan Siswa SDN Cilangkap 01 Gelar Karnaval

Kepala SDN Cilangkap 01, Siti Dhirifngah mengatakan setidaknya 835 siswa turut memeriahkan acara itu.U

Penulis: Feryanto Hadi | Editor:
Warta Kota/Feryanto Hadi
Ratusan siswa SDN Cilangkap 01, Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur melalukan pawai karnaval dengan cara berkeliling kampung pada Jumat (28/4/2017). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka merayakan Hari Kartini. 

WARTA KOTA, CIPAYUNG - Ratusan siswa SDN Cilangkap 01, Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur melalukan pawai karnaval dengan cara berkeliling kampung pada Jumat (28/4). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka merayakan Hari Kartini.

Kepala SDN Cilangkap 01, Siti Dhirifngah mengatakan setidaknya 835 siswa turut memeriahkan acara itu.

Menurutnya, perayaan Hari Kartini baru dilakukan saat ini sebab saat hari H, siswa kelas 6 sedang mengikuti tryout. Kemudian tanggal 24-27 April juga dilakukan Ujian Sekolah. Sehingga kegiatan baru dilakukan hari Jumat ini.

"Perayaan Hari Kartini baru dilakukan sekarang karena kemarin siswa kelas 6 sedang persiapan menghadapi ujian nasional. Kita buat sesederhana mungkin namun ternyata siswa sangat antusias mengikutinya," ujar Siti Dhirifngah di sela acara.

Dalam karnaval tersebut para siswa mengenakan baju adat dari sejumlah daerah di Indonesia.

Seluruh siswa kelas 1-5 SDN Cilangkap 01 ini terlihat sangat riang saat diajak pawai dengan mengenakan pakaian adat.

Jarak tempuh sekitar dua kilometer ini dijalaninya dengan suka cita.

Sepanjang perjalanan, siswa dihibur dengan Marching Band Bahana Cilangsa Gemilang. Lagu "Ibu Kita Kartini" ciptaan Wage Rudolf Supratman juga terus dinyanyikan mereka secara koor diiringi dengan musik marching band.

Sepanjang jalan, warga sekitar juga menyambutnya dengan antusias.

Dalam perayaan Hari Kartini ini, selain pawai, juga ada kegiatan fashion show anak yang mengenakan paaian adat dari beberapa suku. Kemudian ada lomba mewarnai gambar yang diikuti oleh siswa kelas 1 dan 2. Selain itu ada lomba menggambar dengan tema Kartini yang diikuti siswa kelas 3 dan 4.

Bahkan kegiatan juga diselingi dengan Cipta Puisi dengan tema Kartini yang diikuti siswa kelas 5.

"Dari seluruh rangkaian kegiatan ini intinya pihaknya ingin mengajak seluruh siswa agar tetap mengenang sosok Pahlawan Nasional Raden Ajeng Kartini. Walau seorang perempuan namun RA Kartini ini sosok yang gigih dalam melawan penjajah di masanya kala itu," ujar Siti.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved