15 Atlet Sepeda Gowes Keliling Indonesia

Sebanyak 15 atlet sepeda akan melakukan perjalanan bersepeda mengelilingi Indonesia pada awal bulan Mei 2017 besok.

15 Atlet Sepeda Gowes Keliling Indonesia
istimewa
Menpora Imam Nachrawi saat melepas rombongan Gowes Pesona Nusantara 2017. 

WARTA KOTA, TANGERANG-Sebanyak 15 atlet sepeda akan melakukan perjalanan bersepeda mengelilingi Indonesia pada awal bulan Mei 2017 besok.

Gowes yang rencananya dilakukan pada tanggal 5 Mei-9 September merupakan salah satu program penggalakkan dan ajakan olahraga dari Kemenpora yang bertajuk Gowes Pesona Nusantara 2017.

Menpora Imam Nahrawi pada Kamis (27/4/2017) mengatakan, Gowes Pesona Nusantara 2017 adalah salah satu kegiatan dari sebuah program bernama Ayo Olahraga yang diinstruksikan Presiden RI.

Imam menjelaskan, konsep kegiatan ini adalah menyebar para atlet di empat titik berbeda di penjuru Tanah Air.

Nantinya, mereka akan bersepeda secara serempak, dan akan finis di titik yang sama.

"Kegiatan dimulai serentak dari empat titik terluas Indonesia, yaitu Sabang, Merauke, Tarakan, dan Atambua. Mereka akan bersepeda menuju satu titik akhir, yakni di Magelang, Jawa Tengah. Tujuannya tidak lebih dari mengampanyekan pola hidup sehat lewat olahraga, " kata Imam.

Para atlet nantinya akan gowes melewati 90 kota dan kabupaten di Indonesia, dan menempuh jarak ribuan kilometer.

"Khusus tim sepeda dari Sabang, akan ada rekor MURI, karena mereka akan menempuh jarak terjauh, yakni 5.000 kilometer," kata Imam.

Untuk merealisasikan kegiatan tersebut, Imam melanjutkan, Kemenpora mengucurkan dana sebesar Rp 50 miliar.

Terbatasnya anggaran tersebut, kata Imam, adalah karena dana lainnya sudah dialokasikan untuk kegiatan besar lainnya yang juga berada di bawah payung Ayo Olahraga.

Salah satunya adalah event olahraga besar-besaran di tingkat desa yang dinamakan Gala Desa yang menelan biaya Rp 42 miliar.

Imam mengatakan, selain bentuk ajakan berolahraga, Gala Desa juga bakal menjadi media untuk menyaring calon-calon atlet masa depan.

"Gala Desa akan mempertandingkan enam cabang olahraga yaitu sepakbola, bola voli, tenis meja, atletik, sepak takraw dan bulutangkis. Akan diikuti 136 kabupaten/kota di 34 provinsi Indonesia. Segera dilaksanakan dalam waktu dekat," kata Imam.

Penulis: z--
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved