Kata Wiranto, Reshuffle Kabinet Sudah Jadi Isu Mingguan

Isu Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan kabinet (reshuffle), bukanlah isu yang harus diributkan.

TRIBUNNEWS/FITRI WULANDARI
Menkopolhukam RI Wiranto saat ditemui di Hotel Aryaduta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/12/2016). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Isu Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan kabinet (reshuffle), bukanlah isu yang harus diributkan.

"Bahwa reshuffle itu setiap minggu itu ada isu reshuffle. Saya tengarai bahwa reshuflle itu sudah jadi isu bulanan, bahkan mingguan," ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017).

Menkopolhukam mengingatkan, merombak kabinet adalah hak prerogatif Presiden Jokowi. Menurut Wiranto, siapa pun menteri yang menurut Presiden perlu dicopot, Jokowi berhak mencopotnya.

"Karena ini hak prerogatif Presiden. Kalau ada (reshuffle) ya ditunggu saja, tapi tak usah dibincangkan ya. Siapa mau diganti, kapan mau diganti, itu hak Presiden, untuk apa diributkan?" tuturnya.

"Kalau toh tidak ada (reshuffle) dari Presiden, ya (berarti) tidak ada," sambung Wiranto.

Isu soal perombakan kabinet kembali mengemuka setelah Presiden menyinggungnya dalam sambutan di Kongres Ekonomi Umat yang diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu (22/4/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyinggung soal target tinggi yang ia berikan kepada menteri-menterinya. Presiden menegaskan bahwa dirinya tidak akan segan mencopot menteri yang gagal mencapai target.

"Kalau memang tidak selesai, pasti urusannya akan lain. Bisa diganti, bisa digeser, bisa dicopot, dan yang lain-lainnya. Ya saya blak-blakan saja. Dengan menteri juga seperti itu," ujar Jokowi.

Namun, saat berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah, Cipulus, Purwakarta, Jawa Barat, kemarin, Presiden menegaskan tak ada perombakan kabinet dalam waktu dekat.

"Tidak ada reshuffle hari ini. Tidak ada reshuffle minggu ini. Tidak ada reshuffle bulan ini," tuturnya. (*)

Penulis: z--
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved