Sidang Ahok

Ahok Tetap Mengaku Tak Bersalah, Tuding Buni Yani Lakukan Provokasi Umat

Ahok menyampaikan pembelaan atau pledoinya di depan sidang kasus penistaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (25/4/2017).

Penulis: Suprapto | Editor: Suprapto
Kompas.com
Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berada di ruang sidang PN Jakarta Utara, Selasa (13/12/2016).(AFP/POOL/TATAN SYUFLANA) 

WARTAKOTA, RAGUNAN-- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyampaikan pembelaan atau pledoinya di depan sidang kasus penistaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (25/4/2017).

Ahok yang mengenakan batik coklat membuka pembelaannya dengan menegaskan bahwa dirinya bukan penista atau penoda agama. 

Baca: Ahok Temui Wanita yang Puasa 100 Hari untuk Mendoakannya, Ahok Tertunduk Diam Saat Dinasihati

"Saya juga bukan penghina golongan apa pun," ujar Ahok di depan sidang yang dipimpin majelis hakim Dwiarso Budi Santiarto.

Menurut Ahok, kasus yang menjadikan dirinya sebagai terdakwa itu muncul setelah Buni Yani menggunggah video ceramahnya di Kepulauan Seribu.

"Dan jaksa penuntut umum pun mengakui peranan Buni Yani dalam kasus ini," ujar Ahok.

Baca: Brimob Pakai Rompi Anti Peluru dan Bersenjata Api Bersiaga di Sekitar Ruang Sidang Ahok

Baca: Sidang Pleidoi, Ini Tiga Poin yang Jadi Bahan Pembelaan Kuasa Hukum Ahok

Dia mengatakan, saat dirinya ceramah di Kepulauan Seribu tidak hanya dihadiri oleh warga setempat tetapi juga sejumlah tamu undangan termasuk kalangan media massa (pers).

Saat dirinya menyinggung soal surat Al Maidah Ayat 51, waktu itu tak ada satu pun orang yang merasa terhina dan menuduh dirinya melakukan penistaan agama.

Kasus penistaan agama baru muncul dan menyebabkan kemarahan umat (masyarakat) setelah video ceramahnya dipotong dan diunggah oleh Buni Yani.

"Tetapi begitu Buni Yani memposting rekaman video ceramah saya yang sudah dipotong dan diberi komentar provokasi, baru kemudian muncul orang-orang yang melaporkan kasus penistaan agama ini," ujar Ahok.

Baca: Jaksa Sebut Unggahan Video Buni Yani Timbulkan Keresahan Masyarakat

Baca: Kasus Buni Yani Tak Bisa Dihentikan dan Pasti Disidangkan

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved