Yang Lain Sudah Bekerja, Tim Saber Pungli Jaksel Baru Dikukuhkan

Tim Saber Pungli akan melakukan berbagai kegiatan pencegahan agar tidak terjadi pungli di berbagai tempat.

Yang Lain Sudah Bekerja, Tim Saber Pungli Jaksel Baru Dikukuhkan
Warta Kota/Gopis Simatupang
Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Irmansyah. melantik Tim Saber Pungli tingkat Kota Jakarta Selatan 

WARTA KOTA, KEBAYORANBARU - Pemprov DKI Jakarta telah mengukuhkan pembentukan Unit Pemberantas Pungutan Liar (UPPL), atau yang dikenal dengan Tim Saber Pungli, sejak Februari yang lalu.

Tim yang terdiri dari kolaborasi pemerintah dan penegak hukum itu telah mulai bekerja di sejumlah wilayah Kota di Jakarta dan mengumumkan hasilnya ke publik. Misalnya saja pencopotan seorang Lurah di Jakarta Barat karena terindikasi terlibat pungli.

Akan tetapi, alih-alih menuai hasil, Tim Saber Pungli tingkat Kota Jakarta Selatan justru baru dikukuhkan oleh Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Irmansyah.

Anggota Tim Saber Pungli tersebut dilantik oleh Irmansyah di Gedung Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jalan Prapanca Raya, Kebayoran Baru, Senin (17/4/2017).

Para Anggota Tim Saber Pungli itu antara lain Wakapolres Metro Jakarta Selatan, Wakil Dekan 3 Fakultas Hukum UPN Jakarta, Asisten Sekko Jakarta Selatan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Selatan, Asisten Kesra Sekko Jakarta Selatan, Inspektur Pembangunan Wilayah, Inspektur 1 Pembangunan Wilayah.

Kemudian Kabag Ops Polres Metro, Kasat Intel Polres, Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, Wasat Bimas Polres Jakarta Selatan, Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kasie Intel Kejari Jakarta Selatan, Kasiewas Polres Metro Jalarta Selatan dan Kasie Pidsus Kejari Jakarta Selatan.

Dalam pelantikan tersebut Irmansyah mengatakan, pembentukan Tim Saber Pungli merupakan komitmen Pemkot Jakarta Selatan, dalam upaya memberantas pungutan liar yang kerap terjadi di instansi pemerintah, terutama bidang pelayanan.

"Kami meminta Tim Saber Pungli yang di lantik untuk membuat program yang jelas dan mencapai tepat sasaran secara rasional," kata Irmansyah saat pelantikan.

Nantinya, lanjut Irmansyah, Tim Saber Pungli akan melakukan berbagai kegiatan pencegahan agar tidak terjadi pungli di berbagai tempat. Tim ini bermarkas di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan.

Menurut Irmansyah, salah satu kegiatan pencegahan itu adalah sosialisasi, dimana Tim Saber Pungli akan membuat spanduk, banner termasuk media sosial yang berisikan tentang hal-hal berkaitan dengan pungli.

"Sosialisasi harus dilakukan terutama di lingkungan pemerintahan di sektor pelayanan masyarakat. Saya harap tidak ada pegawai yang terkena operasi Saber Pungli," bilang Irmansyah.

Ketua Pelaksana Tim Saber Pungli, yang juga merupakan Wakapolres Metro Jakarta Selatan, Ajun Komisaris Besar Budi Sartono, berharap tidak ada yang tertangkap dalam operasi pungli.

"Sehingga kami berupaya melakukan pencegahan seperti sosialisasi pemberian arahan. Tetapi jika dalam tahap pencegahan itu masih tetap ada laporan, kami akan turun menindaklanjuti," ucap Budi.

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved