Pengunjung Keluhkan Susahnya Buang Sampah di Masjid Raya KH Hasyim Asyari

"Masjidnya bagus, tapi sayang susah nyari tempat sampah, bingung jadinya mau buang di mana," ujar Dewi (41) warga Kampung Melayu, Jakarta Timur

Editor: Andy Pribadi
Alija Berlian Fani
Sampah yang berserakan di Masjid Raya Hasyim Asyari, Jakarta Barat, Minggu (16/4/2017). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Alija Berlian Fani

WARTA KOTA, CENGKARENG -- Masjid Raya KH Hasyim Asyari yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo ternyata masih memiliki kekurangan yang dikeluhkan oleh para pengunjung.

"Masjidnya bagus, tapi sayang susah nyari tempat sampah, bingung jadinya mau buang di mana," ujar Dewi (41) warga Kampung Melayu, Jakarta Timur pada wartakotalive.com di pelataran masjid, Minggu (16/4/2017).

Baca: Masjid Raya KH Hasyim Asyari Menjelma Menjadi Tempat Wisata Baru di Jakbar

Berdasarkan pantauan, di area depan pintu masuk utama tidak terdapat tempat pembuangan sampah dan di jalanan tempat kendaraan melintas juga tidak terlihat.

Bekas bungkus plastik kue tergeletak di lantai.
Bekas bungkus plastik kue tergeletak di lantai. (Alija Berlian Fani)

Sampah-sampah seperti botol minuman ataupun sisa-sisa makanan terlihat bergeletakan begitu saja di depan pintu masuk masjid.

Adapula tisu dan pelastik-plastik yang bertebangan tertiup angin di area depan masjid, serta sisa-sisa makanan yang terjatuh tidak di bersihkan tampak jelas terlihat oleh pandangan mata.

Sampah-sampah terbanyak berada didua tiang besar di depan pintu masuk, di mana di sekililingnya ada sisa makanan dan minuman yang ditinggalkan begitu saja oleh orang-orang tak bertangung jawab.

Dipelataran masjid yang digunakan sebagai tempat orang-orang bersantai pun nampak dihiasi oleh bungkus makanan riangan dan botol plastik yang sudah tak berisi.

"Kita yang mau buang bener jadi mau ngga mau ikutan karena ngga ada tempat sampahny, liat aja itu ada ciki-cikian, aqua, ditinggal gitu aja di pojokan," jelasnya sambil menunjuk kesekitar.

Bahkan ada beberapa orang yang masih mengunakan sendal atau sepatu sambil memasuki masjid, sehingga membuat lantai masjid semakin kotor.

Sampah yang berserakan di Masjid Raya Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat, Minggu (16/4/2017).
Sampah yang berserakan di Masjid Raya Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat, Minggu (16/4/2017). (Alija Berlian Fani)

Dari penglihatan hal tersebut tidak sepenuhnya bersalah lantaran tidak ada tulisan yang menyatakan larangan untuk membuka alas kaki di depan pintu masuk. (M9)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved