Perbaikan Longsor Tebing Kali Krukut Tunggu Alokasi Biaya Tak Terduga

Pihaknya juga sudah melakukan perbaikan sementara dan menginventaris besaran biaya yang akan dibutuhkan untuk perbaikan menyeluruh.

Perbaikan Longsor Tebing Kali Krukut Tunggu Alokasi Biaya Tak Terduga
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Titik longsor tebing Kali Krukut di sisi Jalan Pramuka, Grogol, Limo, Depok. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Sejumlah kalangan menanggapi belum diperbaikinya tebing Kali Krukut di sisi Jalan Pramuka, Grogol yang longsor, beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Depok, Citra Indah Yulianty menuturkan pihaknya sudah mengusulan perbaikan itu untuk menggunakan biaya tak terduga.

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan perbaikan sementara dan menginventaris besaran biaya yang akan dibutuhkan untuk perbaikan menyeluruh.

"Itu sedang kita usulkan di biaya tak terduga. Jadi untuk warga bersabar saja dulu," kata Citra, Senin (3/4/2017).

Menurutnya yang boleh segera dikeluarkan untuk dana bencana atau longsor adalah makanan, obat-obatan dan evakuasi manusia. "Sementara perbaikannya menunggu usulan kita disetujui agar dana biaya tak terduga bisa turun untuk perbaikan," kata Citra.

Diperkirakan kata dia usulan akan disetujui dalam satu bulan ke depan, sehingga perbaikan bisa langsung dilakukan.

Seperti diketahui sjumlah titik longsor di Jalan Pramuka, Grogol, Limo, Depok di sisi Kali Krukut, yang terjadi beberapa kali sejak awal Januari 2017 lalu, sampai kini belum juga diperbaiki Pemkot Depok.

Kondisi ini membuat warga sekitar dan pengendara yang melintas baik dari Sawangan ke Cinere atau sebaliknya menjadi khawatir, longsor terjadi makin parah.

Pantauan Warta Kota, titik longsor yang menggerus bibir jalan di sisi tebing Kali Krukut terjadi di belasan titik, mulai dari pertigaan di dekat SMPN 13 Depok hingga Kelurahan Grogol, atau sepanjang hampir 1 km.

Beberapa titik longsoran tampak ditopang jejeran bambu yang dipasang seadanya. Bahkan beberapa diiantaranya didiamkan begitu saja dan sangat rentan menimbulkan longsor susulan.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved