Banjir di DKI Jakarta

Sejumlah Kawasan di Jaktim Tergenang

Di Jakarta Timur, genangan hampir merata terjadi di seluruh kecamatan saat wilayah Jakarta diguyur hujan.

Sejumlah Kawasan di Jaktim Tergenang
Warta Kota/Feryanto Hadi
Dari data yang diperoleh hingga Sabtu pukul 23.40, genangan hingga 80 cm terjadi di RT 01, RT 02, RT 10 di RW 07 dan sejumlah RT di RW 04 Kelurahan Pekayon, Pasar Rebo. 

WARTA KOTA,  PASAR REBO -- Banjir dan genangan masih menjadi persoalan utama di Ibukota. Hujan sebentar saja, sejumlah kawasan terendam.

Di Jakarta Timur, genangan hampir merata terjadi di seluruh kecamatan saat wilayah Jakarta diguyur hujan, sejak Sabtu (1/4/2017) petang.

Dari data yang diperoleh hingga Sabtu pukul 23.40, genangan hingga 80 cm terjadi di RT 01, RT 02, RT 10 di RW 07 dan sejumlah RT di RW 04 Kelurahan Pekayon, Pasar Rebo.

Di Cakung, genangan hingga satu meter merendam perkampungan di RW09 Kelurahan Cakung Timur dan di Kelurahan Pulogebang, membuat warga siaga satu terhadap kemungkinan air yang makin meninggi.

Warga setempat juga direpotkan menyelamatkan berbagai barang berharga karena air menggenangi hingga bagian dalam rumah mereka.

Dari pantauan di aplikasi qlue sejak Ninggu petang, timeline dipenuhi keluhan warga terkait banjir yang terjadi di wilayah mereka.

"Tolong dibantu untuk pembenahan saluran pembuangan airnya," kata akun Mario Jhon yang tinggal di Jalan Cempaka Elok Dalam, Cakung Timur.

Sementara itu, Diaz Budi, warga RW 06 Kelurahan Pulogebang menyesalkan tidak adanya solusi terhadap banjir yang kerap melanda wilayahnya.

"Apa nggak ada solusinya setiap hujan sebentar pasti banjir," keluhnya. Ia melaporkan banjir di dalam rumahnya setinggi betis orang dewasa.

Begitu juga di Kecamatan Duren Sawit, genangan hampir merata di seluruh kelurahan.
Sementara itu, luapan Kali Cipinang membuat sejumlah kelurahan di Kecamatan Ciracas tergenang hingga ketinggian satu meter.
Banjir paling parah melanda kawasan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar.
Akibat luapan Kali Sunter, perkampungan di RW 04 tergenang hingga 1,5 meter dan menyebabkan warga mengungsi.
Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, laporan banjir dan genangan yang masuk ke pihaknya hampir mencakup semua wilayah di Jaktim.
"Kami kerahkan personil baik untuk melakukan penyedotan maupun evakuasi warga yang terjebak banjir," ujarnya.
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved