Ujian Nasional

Akhirnya Seluruh Sekolah di Jakarta Laksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer

Sebanyak 2.490 sekolah di Jakarta akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Artinya jumlah tersebut telah mencapai 100 persen.

Akhirnya Seluruh Sekolah di Jakarta Laksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Mohamad Yusuf

WARTA KOTA, BALAI KOTA -- Sebanyak 2.490 sekolah di Jakarta akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Artinya jumlah tersebut telah mencapai 100 persen.

Dibandingkan pada tahun lalu, hanya mencapai 47 persen sekolah yang melaksanakan UNBK.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Irianto, mengatakan 100 persen sekolah yang menggelar UNBK yaitu SMP 1.106 sekolah, Mts 238 sekolah, SMA 470 sekolah, MA 92 sekolah, dan SMK 584 sekolah.

Pihaknya sudah mempersiapkan sejak tahun lalu untuk mencapai 100 persen sekolah di Jakarta bisa melaksanakan UNBK tersebut. UNBK 2017 sendiri digelar untuk SMK mulai 3 April hingga 6 April.

Kemudian untuk SMA/MA yaitu 10 April sampai 13 April. Lalu SMP/MTs pada 2 sampai 8 Mei. Namun untuk jumlah peserta Ujian Nasional di Jakarta, sebanyak 418.434 siswa.

“Tahun ini pelaksanaan UN sudah berbeda dibandingkan tahun lalu. Tahun ini pelaksanaan UNBK sudah mencapai 100 persen di seluruh sekolah . Kami sudah jauh-jauh hari persiapkan. Memang sudah kami targetkan agar tahun ini bisa mencapai 100 persen. Bahkan sudah kami ujicobakan pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN),” kata Bowo ketika dihubungi Warta Kota, Minggu (2/4/2017).

Uji coba tersebut dilakukan pada USBN SMK pada 20, 21, 22 Maret lalu. Hasilnya tidak ada kendala yang berarti untuk pelaksanaan ujian dengan berbasis komputer tersebut.

“Tidak ada masalah yang berarti. Kami yakin nantinya UNBK bisa berjalan dengan baik. Semoga tidak ada kendala pada listrik maupun server nantinya. Jika memang terjadi mati listrik, kami juga sudah gunakan sistem auto save pada jawaban siswa. Jadi soal yang sudah dikerjakan dan waktu yang sudah digunakan, bisa dilanjutkan lagi oleh siswa setelah listrik menyala,” jelasnya.

Pihaknya juga telah melakukan sinkronisasi sistem UNBK tersebut di seluruh sekolah di Jakarta. Yaitu pada Jumat (31/3/2017) pagi hingga Sabtu (1/4/2017) malam. Hasilnya tidak ada ditemukannya kendala.

Halaman
123
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved