Breaking News:

Aksi 313

Massa Aksi 313 Minta Sekjen FUI Dibebaskan, Ini Kata Polisi

Pihak kepolisian belum akan melepaskan Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khathath.

Penulis: | Editor: Yaspen Martinus
istimewa
Petugas dari unit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polda Metro Jaya menangkap Muhammad al Khaththath pada Kamis (30/3/2017) malam. 

WARTA KOTA, SEMANGGI - Pihak kepolisian belum akan melepaskan Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad al Khaththath. Hal ini dilakukan dalam rangka penyidikan kasus dugaan pemufakatan makar yang dilakukan beberapa aktivis.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, penyidik belum bisa membebaskan Al-Khathath, karena penyidi masih punya waktu untuk memeriksa sesuai ketentuan KUHAP.

"Pemeriksaan belum selesai. Kalau di dalam proses pemeriksaan hukum acara, kan kepolisian punya waktu 1x24 jam untuk menyelesaikan pemeriksaan awal," kata Boy, Jumat (31/3/2017).

Boy mengatakan, mereka sudah menetapkan lima orang yang ditahan sebagai tersangka dugaan pemufakatan makar. Mereka masih mengambil keterangan dari para tersangka. Sampai saat ini, polisi masih mengambil keterangan.

"Nanti akan ada evaluasi dan keputusan mereka," ujar Boy.

Mantan Kapolda Banten itu menuturkan, penangkapan Al-Khathath cs berdasarkan penyelidikan kepolisian sebelum aksi 313.

Mereka mempunyai beberapa bukti untuk memperkuat penangkapan tersebut. Ia mengaku ada sejumlah dokumen yang diamankan saat penangkapan.

"Beda, tidak berkait. Terputus, masing-masing. Kita ingin semua tetap dalam koridor hukum. Dan kemudian, semua berlangsung aman, kondusif, dan masalah hukum ini ada penyampaian lebih lanjut," tuturnya.

Boy menambahkan, kasus Al-Khathath berbeda dengan kasus makar yang dilakukan oleh Sri Bintang Pamungkas cs yang ditangkap dini hari sebelum aksi 212.

"Jadi, kami masih mendalami pengambilan kererangan dari yang berkaitan," lanjut Boy.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved