Warga Kelurahan Meruyung dan Limo Sangat Dambakan Ada Puskesmas

Puskesmas Limo, yang melayani mereka, lokasinya berada cukup jauh dari rumah warga di dua kelurahan itu.

Warga Kelurahan Meruyung dan Limo Sangat Dambakan Ada Puskesmas
Warta Kota/ Panji Baskhara Ramadhan
Ilustrasi pelayanan puskesmas diminati masyarakat, tapi lokasinya jauh, sehingga tidak bisa dimanfaatkan warga. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Warga di dua kelurahan di Kecamatan Limo, Kota Depok, yakni di Kelurahan Limo dan Kelurahan Meruyung meminta Pemkot Depok membangun sebuah Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas di wilayah mereka.

Sebab, selama ini, puskesmas tingkat kecamatan yakni Puskesmas Limo, yang melayani mereka, lokasinya berada cukup jauh dari rumah warga di dua kelurahan itu.

Puskesmas Kecamatan Limo berada di Jalan Raya Grogol, RW 1, Kelurahan Grogol, Limo, Depok.

"Selain jaraknya cukup jauh, juga tidak ada sarana transportasi angkutan umum, dari permukiman warga ke puskesmas," kata Risani, warga Meruyung, Limo, yang juga Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Limo, kepada Warta Kota, Minggu (19/3/2017).

Karenanya kata dia, warga di dua kelurahan tersebut yang ingin mendapatkan layanan kesehatan harus bersusah payah untuk menuju ke Puskesmas. Yakni dengan melalui jalan tembus berkelok sebelum sampai di jalan yang menjadi jalur lintasan angkot ke puskesmas.

"Jadinya perlu ongkos lebih mahal untuk ke puskesmas," katanya.

Karena, kata dia, paling tidak warga harus naik ojek dulu untuk sampai ke jalur lintasan angkot, agar dapat menuju ke puskesmas.

"Atau pada akhirnya warga ke Puskesmas Kecamatan Cinere yang lebih dekat. Tapi masalahnya, di sana warga jadi membeludak, karena melayani warga yang cukup banyak," kata Risani.

Untuk itu, ia berharap usulan warga agar adanya pembangunan satu puskesmas untuk melayani warga Kelurahan Meruyung dan Kelurahan Limo, bisa direalisasikan tahun ini.

"Kami sudah masukkan usulan itu ke musrenbang sampai di tingkat kota untuk tahun ini. Beberapa tahun lalu juga usulannya sama dan sampai ke Musrenbang tingkat Kota. Tapi sampai sekarang belum juga direalisasi," katanya.

Menurut Risani, alasan klasik Pemkot Depok, adalah ketiadaan dana untuk pembebasan lahan dan pembangunan puskesmas baru, disamping prioritas pembangunan. "Alasan itu selalu disampaikan tiap tahun dan kami diminta bersabar," katanya.

Karenanya ia berharap tahun ini ataua tahun depan, hal itu menjadi prioritas Pemkot Depok, supaya pembangunan puskesmas baru untuk melayani kelurahan Meruyung dan Kelurahan Limo, terealisasi.

Menanggapi hal ini, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengaku akan melihat kembali usulan yang masuk dalam musrenbang 2017, supaya realisasi pembangunan puskesmas baru di wilayah yang dekat untuk melayani warga Kelurahan Limo dan Meryung bisa terelisasi tahun mendatang.

"Sebab ke depan, kami akan fokuskan pembangunan infrastruktur dalam pelayanan publik termasuk kesehatan ini," katanya.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved