KH Hasyim Muzadi Tebarkan Islam Penebar Kasih dan Damai

dengan berpulangnya KH Hasyim Muzadi menjadi tugas semua Muslim untuk melanjutkan ajaran tentang Islam yang menebarkan kasih dan damai.

KH Hasyim Muzadi Tebarkan Islam Penebar Kasih dan Damai
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
KH Hasyim Muzadi cukup sering mengundang para ulama dan kyai untuk sekedar berbincang dan berdiskusi ke Ponpes Al-Hikam, Beji, Depok. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Ribuan pelayat memadati prosesi pemakaman jenasah KH Hasyim Muzadi di areal Pondok Pesantren Al-Hikam, Beji, Depok, Kamis (16/3/2017).

Mulai dari para tokoh agama, pejabat negara, sejumlah tokoh politik, dan para santri serta warga masyarakat, mengikuti upacara militer kenegaraan yang mengiringi pemakaman, dengan hikmat.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, menuturkan antusiasnya warga masyarakat dari segala golongan dan lapisan membuktikan bahwa Hasyim Muzadi adalah ulama besar yang selama ini terus menyebarkan paham bahwa agama Islam adalah agama penebar kasih dan penebar damai.

Hasyim Muzadi juga dekat dengan para tokoh agama dari agama lain.

"Ini membuktikan beliau adalah sang pencerah. Yang selalu menebarkan paham bahwa Islam adalah penebar kasih, penebar damai bagi segala umat," kata Khofifah berkaca-kaca di Ponpes Al-Hikam, Depok, Beji, Kamis..

Khofifah mengaku sampai Kamis dinihari pukul 03.30 terus memantau kondisi kesehatan Hasyim Muzadi yang dirawat di Malang, melalui informasi dari kerabat yang ada di sana lewat pesan media sosial.

"Setengah dua dinihari tadi, saya masih diberi tahu kalau kondisi beliau cukup baik. Lalu setengah empat dapat kabar, tensinya terus menurun. Akhirnya setengah tujuh, diberi kabar beliau tutup usia," kata Khofifah.

Khofifah tidak kuasa menahan kesedihan di pemakaman KH Hasyim Muzadi.
Khofifah tidak kuasa menahan kesedihan di pemakaman KH Hasyim Muzadi. (Warta Kota/Budi Sam Law Malau)

Menurutnya, dengan berpulangnya KH Hasyim Muzadi, kini menjadi tugas semua Muslim untuk melanjutkan ajaran Hasyim Muzadi tentang Islam yang menebarkan kasih dan damai.

Ia mengatakan, KH Hasyim Muzadi cukup sering mengundang para ulama dan kyai untuk sekedar berbincang dan berdiskusi ke Ponpes Al-Hikam, Beji, Depok.

"Setiap mengundang para ulama atau kyai, beliau selalu menebarkan paham bahwa Islam itu pemberi dan penebar kasih serta damai. Ini yang membuat beliau bisa dekat dengan segala kalangan," katanya.

KH Hasyim Muzadi, wafat di usia 73 tahun dengan meninggalkan seorang istri, 6 orang anak dan 11 cucu.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved