Breaking News:

Teror Bom di Bandung

Bantah Rekayasa, Mabes Polri Tunjukkan Bahan Pembuat Bom Panci Cicendo

Boy menjelaskan, tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap dua teman Yayat di tempat terpisah di Bandung, pada 7 Maret 2017.

TRIBUNNEWS/ABDUL QODIR
Sejumlah bahan racikan pembuat bom panci yang ditemukan di kontrakan Agus Sudjatno alias Abu Muslim alias Abu Abdullah, pasca-teror bom panci Cicendo, Bandung, Jawa Barat pada 27 Februari 2017. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU - Mabes Polri melalui Kadiv Humas Irjen Boy Rafli Amar merilis penangkapan dua orang dan barang bukti hasil pengembangan teror bom panci Cicendo, yang dilakukan Yayat Chadiyat alias Dani alias Abu Salam.

Ini dilakukan menyusul adanya isu kasus terorisme tersebut rekayasa alias settingan kepolisian.

"Kami perlu sampaikan ini, karena masih ada anggapan bahwa seolah-olah peristiwa ini rekayasa. Kami menyesalkan jika ada yang berpikir demikian. Ini adalah sebuah realitas ancaman di masyarakat kita yang harus dihadapi bersama. Dan kami tidak ingin ada korban lain, baik di masyarakat maupun petugas," kata Boy dalam rilis di Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/3/2017).

Boy menjelaskan, tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap dua teman Yayat di tempat terpisah di Bandung, pada 7 Maret 2017.

Agus Sudjatno alias Abu Muslim alias Abu Abdullah ditangkap di Jalan Kebon Gedang 3 Kelurahan Maleer, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung.

Teman Yayat lainya, yakni Soleh alias S alias Abu Kursan alias Zal Zalak alias Gungun, ditangkap di Gang Bahpian, RT 9/6, Kelurahan Sukahaji, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung.

Boy kemudian menunjukkan dan menjelaskan sejumlah barang dan bahan racikan pembuat bom panci yang ditemukan di kontrakan Agus.

Ada satu panci, lima baterai 9 volt, sejumlah kabel, lima liter pemutih pakaian, 30 liter aseton, tiga botol pembersih lantai, asam nitrat, parafin, termometer, serta 12 kilogram triaseton triperoksida (TATP).

"Ini campuran-campuran kimia yang digunakan," ujar Boy.

Dari pengembangan penyidikan kasus Yayat, lanjutnya, Agus berperan mulai dari pendanaan, pembelian bahan baku dan peralatan, hingga survei lokasi sasaran.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved