VIDEO: Reklame Timpa Angkot, Ini Sebabnya

"Terlihat bahwa sambungan yang dilakukan oleh PT Intan selaku penyedia jasa iklan tidak kuat menahan beban reklame," ujar Tri

WARTA KOTA, BEKASI Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bekasi, Tri Adhianto Tj menduga, ambruknya reklame milik swasta di wilayahnya karena tidak mampunya tiang penyanggah untuk menahan beban papan reklame. Hal itu terungkap saat petugas melakukan identifikasi terhadap reklame yang ambruk.

"Terlihat bahwa sambungan yang dilakukan oleh PT Intan selaku penyedia jasa iklan tidak kuat menahan beban reklame," ujar Tri di lokasi kejadian pada Kamis (2/3) siang.

Menurutnya, banyak faktor yang menyebabkan ambruknya reklame. Selain karena faktor cuaca, juga disebabkan kondisi reklame sudah tua. "Reklame ini sudah berdiri sejak tahun 2012 dan dilihat bila dari nilai ekonomisnya, reklame ini sebetulnya masih layak digunakan," kata Tri.

Baca: VIDEO: Rombongan Raja Pesan 1000 Kamar di Nusa Dua, Bali

Menyusul kejadian ini, Tri berencana akan mengevaluasi seluruh reklame yang ada di Kota Bekasi. Seluruh reklame itu, tersebar di jembatan penyebrangan orang (JPO) dan pinggir jalan. "Menurut informasinya, dulu reklame ini sempat terbakar akibat ulah anak-anak yang bermain petasan. Kalau itu benar, sehingga ada penurunan kemampuan terhadap tiang penyanggah untuk menopang beban reklame," jelas Tri.

Apabila terbukti ada kelalaian, Tri menyatakan bakal memberikan sanksi. Salah satunya sanksi administrasi dengan tidak memperpanjang izin pemakaiannya. "Kami hanya bisa memberikan sanksi administrasi kepada penyedia jasa iklan," jelasnya.

Baca: VIDEO: Papan Reklame Timpa Angkot, Sopir Patah Tulang

Tri menambahkan, Pemerintah Kota Bekasi siap menanggung biaya pengobatan Supardi, sopir yang tertimpa reklame. Namun untuk penggantian mobilnya yang remuk, akan dikoordinasikan dengan penyedia jasa karena itu bagian dari tanggung jawabnya.

Berdasarkan data dari instansi terkait, jumlah reklame di Kota Bekasi mencapai 4.700 titik. Rinciannya, reklame ukuran kecil sekitar 4.000 titik dan reklame besar mencapai 700 titik. Seluruh titik itu tersebar di 12 kecamatan di Kota Bekasi. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved