Pilkada DKI Jakarta

KPU DKI Optimistis Tak Ada Pasangan Calon yang Menggugat ke Mahkamah Konstitusi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta siap menghadapi gugatan pasangan calon di Mahkamah Konstitusi (MK).

WARTA KOTA/Faizal Rapsanjani
Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno di kantornya, Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (27/2/2017). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Faizal Rapsanjani

WARTA KOTA, SENEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta siap menghadapi gugatan pasangan calon di Mahkamah Konstitusi (MK).

KPU DKI memberikan batas waktu kepada pasangan calon yang ingin menggugat hasil rekapitulasi KPU DKI, selama tiga hari setelah penetapan pada Minggu (26/2/2017) kemarin.

"Iya kalau memang akan ada gugatan ke MK, tentu KPU juga sudah siap. Berbagai dokumen kami sudah ada dari tingkat TPS, kecamatan, kota, dan juga provinsi. Dan sudah siap seandainya ada yang mengajukan gugatan," kata Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno, di kantornya, Salemba, Jakarta Pusat, Senin (27/2/2017).

Sumarno menduga, kecil kemungkinan pasangan calon akan menggugat hasil rekapitulasi suara. Mengingat, ketika rekapitulasi di tingkat provinsi, tidak ada pasangan calon yang keberatan dengan hasilnya.

"Kalau kita lihat dinamika rapat pleno kemarin, tidak ada satu pun pasangan calon yang mempersoalkan tentang perolehan suara. Sebenarnya dari situ sudah bisa disimpulkan bahwa kemungkinan gugatan ke MK itu kemungkinan besar kecil, tetapi secara administratif tetap harus dilalui," tuturnya.

Untuk memastikannya, KPU DKI terus melakukan komunikasi dengan MK.

"Tiga hari kita harus memastikan bahwa tidak ada gugatan ke MK, dan itu perlu konfirmasi dari Mahkamah Konstitusi," ucap Sumarno. (*)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved