Mencetak Humas Kemenperin yang Berkualitas

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengadakan Workshop Pengelolaan Kehumasan Kementerian Perindustrian.

Editor: Suprapto
istimewa
Ilustrasi 

WARTAKOTA, PALMERAH-- Hubungan Masyarakat (humas) di institusi pemerintahan selama ini hanya dipandang sebelah mata, bahkan kadang hanya sebagai obyek “pelengkap penderita”.

Padahal di balik itu, humas memiliki peranan sangat penting dalam pemerintahan dalam penyelenggaraan good government dan good governance. 

Guna memperkuat kehumasan di berbagai lini, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengadakan Workshop Pengelolaan Kehumasan Kementerian Perindustrian.

Kegiatan ini melibatkan para humas atau mereka yang memiliki fungsi humas di sejumlah instansi di lingkup Kementerian Perindustrian.

Kegiatan ini diadakan  tanggal 20 Februari hingga 24 Februari 2017  di Resort Bukit Palem Asri, Bogor, Jawa Barat.

Tujuan diadakannya pelatihan kehumasan ini adalah untuk memperkenalkan serta menambah wawasan kepada jajaran humas atau yang memiliki fungsi humas di Kemenperin agar memiliki kemampuan untuk bisa menjadi frontline (garis terdepan) di unitnya masing-masing.

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 70 peserta yang datang dari sejumlah provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari beragam unit kerja, antara lain Sekolah Kejuruan, Balai Besar, Balai Riset dan Standarisasi, Balai Diklat Industri, Direktorat Industri, dan lainnya.

Workshop atau pelatihan ini mengundang beberapa pembicara antara lain Brigita Manohara (anchor TVOne), Willy Pramoedya (Wartawan Senior di Harian Warta Kota), Devie Rahmawati (praktisi komunikasi dan public relation), serta Budiman Hakim (Creative Advisor MACS909).

Materi yang diberikan ke para peserta selain soal kehumasan, mereka juga mendapatkan pelatihan menulis press release, menjalin hubungan dengan media massa, teknik berbicara di depan umum (public speaking), serta cara menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana untuk mempublikasikan apa-apa yang telah dilakukan oleh masing-masing instasi di lingkungan Kemenperin.

Plh Sekjen Kemenperin Haris Munandar dalam siaran pers yang dikirim ke Wartakotalive.com  mengatakan, ”Saya berharap  pelatihan ini akan membentuk para humas menjadi tim yang besar yang bisa mengangkat Kementerian Perindustrian masyarakat tahu apa saja selama ini yang telah kita kerjakan.”

Kegiatan workshop ini sendiri merupakan Angkatan Kedua. Pelatihan (workshop) untuk Angkatan Pertama dilakukan bulan Agustus 2016 di Wisma Perindustrian, Puncak, Bogor.

Kini telah dibentuk forum kehumasan Kemenperin sebagai wadah para peserta pelatihan untuk mempraktikkan segala hal yang telah diajarkan dalam workshop kehumasan. (pro)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved