Pilkada DKI Jakarta

KPU DKI Lakukan Penekanan pada Pemutakhiran Data Pemilih Putaran Kedua

KPU DKI akan umumkan terlebih dahulu daftar pemilih sementara kepada warga sebelum tetapkan DPT putaran kedua

KPU DKI Lakukan Penekanan pada Pemutakhiran Data Pemilih Putaran Kedua
Faizal Rapsanjani
Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno di Kantor KPU DKI, Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (14/2/2017). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU - Sebelum menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk putaran kedua Pilkada DKI Jakarta, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI akan umumkan terlebih dahulu daftar pemilih sementara (DPS) kepada warga.

Tujuanya, supaya warga bisa mengecek kembali hak suaranya apakah telah terdaftar atau tidak. "ada masukan koreksi atau usulan, nama mereka sudah tercantum apa belum," kata Sumarno, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2017).

Oleh karenanya, penyelenggara pemilu sangat berharap peran aktif warga jika tidak terdaftar di DPS, dapat langsung mengkonfirmasi kepada kelurahan masing-masing.

"Saya harap diumumkannya DPS masyarakat berpartisipasi mengecek nama yang telah diumumkan. Kalo belum segera konfirmasi nanti akan kita masukan lagi dan ditetapkan menjadi DPT," harap Sumarno.

Untuk pemutakhiran data pemilih, KPU DKI akan tancap gas, mengingat waktu sangat minim jika Pilkada DKI berlangsung pada putaran kedua.

"Jadi memang waktu yang tersedia bagi KPU DKI tidak banyak untuk melakukan persiapan, oleh karena itu kami harus berlari dengan cepat, untuk tahapan putaran kedua," ungkapnya.

Dalam menentukan DPS, KPU DKI akan memasukan nama-nama yang telah terdaftar di DPT sebelumnya.

Dengan penambahan pada daftar pemilih tambahan (DPTb) dan pemilih pemula yang baru berusia 17 tahun setelah pencoblosan putaran pertama.

Pemutakhiran juga akan terfokus kepada warga yang memiliki hak suara namun tidak terdaftar pada DPT dan DPTb sebelumnya.

"Dipastikan putaran kedua mereka akan dimasukan kedalam DPT, termasuk juga kami akan melakukan pembukaan pendaftaran sehingga masyarakat bisa proaktif bagi mereka yang merasa belum terdaftar, bisa mendaftar," pungkasnya. (Faizal Rapsanjani)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved