Pilkada DKI Jakarta

Hasil Penghitungan Suara Masih Dalam Rekapitulasi Tingkat Kota

KPU tingkat Kota/Kabupaten melakukan penghitungan berjenjang dari hasil rekapitulasi tingkat Kecamatan.

Hasil Penghitungan Suara Masih Dalam Rekapitulasi Tingkat Kota
Faizal Rapsanjani
KPU Kota/Kabupaten Jakarta Selatan tengah melakukan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada DKI putaran pertama, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2017). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU - Hasil pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta putaran pertama telah memasuki babak rekapitulasi ditingkat Kota/Kabupaten.

KPU tingkat Kota/Kabupaten melakukan penghitungan berjenjang dari hasil rekapitulasi tingkat Kecamatan.

Turut hadir saksi-saksi dari ketiga pasangan calon, pengawasan pemilu kecamatan, dan KPU DKI, guna memperoleh kata mufakat dalam penghitungan.

Sumarno selaku Ketua KPU DKI, saat menghadiri rekapitulasi tingkat kota Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2017).
Sumarno selaku Ketua KPU DKI, saat menghadiri rekapitulasi tingkat kota Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2017). (Faizal Rapsanjani)

"Tentu di dalam rekap ini semua saksi bisa menyampaikan pendapatnya, keberatanya sampai nanti semua bisa sepakat tentang hasil perolehan suara yang diputuskan rapat pleno terbuka," kata Sumarno selaku Ketua KPU DKI, saat menghadiri rekapitulasi tingkat kota Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2017).

Penghitungan suara ditingkat Kota aka berlangsung maksimal dua hari.

Selanjutnya, akan dikirim ke KPU Provinsi untuk mendapatkan hasil final dari lima wilayah DKI Jakarta.

"Tentu hari ini kalo selesai, tapi jadwal masih dimungkinkan sampai besok karena jadwalnya dari 22-25 ditingkat kota. Setelah ini baru selesai nanti ditingkat provinsi yah, itu tanggal 26, kalo bisa langsung selesai, tapi kalo tidak yah 26-27, setelah itu akan ditetapkan hasil pilkada kita," paparnya.

Setelah keluarnya hasil penetapan pemungutan suara, ketiga kubu pasangan calon akan diberikan waktu tiga hari untuk menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kalo tidak maka KPU provinsi akan menetapkan hasilnya sekaligus memutuskan tentang pemungutan suara putaran kedua. Sekaligus KPUD akan menetapkan calon yang menjadi peserta pada putaran ke-dua," imbuh Sumarno.

Hingga berita ini diturunkan, proses rekapitulasi masih berlangsung.

KPU DKI berharap tidak ada kendala dan proses berlangsung lancar. (Faizal Rapsanjani)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved