Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Minta Pemerintah Pusat Perbaiki Sistem Drainase dan Tinggikan Jalan

Pengguna Jalan Raya Imam Bonjol Desa Telagamurni, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, mengeluhkan kondisi jalan ketika hujan.

Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Minta Pemerintah Pusat Perbaiki Sistem Drainase dan Tinggikan Jalan
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Pengguna Jalan Raya Imam Bonjol Desa Telagamurni, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi mengeluhkan kondisi jalan ketika hujan. 

WARTA KOTA, BEKASI - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi melayangkan surat ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Senin (20/2/2017).

Surat dilayangkan guna mendesak pemerintah pusat agar memperbaiki sistem drainase dan meninggikan Jalan Raya Imam Bonjol, Desa Telagamurni, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

"Suratnya sudah kita kirim ke Kementerian PUPR untuk segera ditindaklanjutinya, karena jalan itu adalah kewenangan mereka," ujar Kepala Bidang Pengelolaan Jalan dan Jembatan pada Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha.

Pengguna Jalan Raya Imam Bonjol Desa Telagamurni, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, mengeluhkan kondisi jalan ketika hujan. Sebab, ruas jalan tersebut diterjang genangan air setinggi 10-40 sentimeter.

Genangan itu disebabkan oleh sistem drainase yang buruk. Posisi saluran air lebih tinggi dari ruas jalan, sehingga air di sana sulit mengalir ke saluran. Saluran air di sana juga dipenuhi endapan lumpur dan sampah.

"Kita hanya bisa melakukan penanganan awal saja, dengan mengerahkan pompa untuk menyedot air yang menggenangi jalan. Kalau tidak dipompa, banjir bisa merembet ke permukiman warga," tambahnya.

Iman menjelaskan, di Jalan Imam Bonjol tersebut hanya butuh dibuatkan drainase yang bagus untuk mengalirkan air luapan banjir di jalan tersebut. Dia pun menyatakan, lembaganya siap dilibatkan untuk mencari solusi terkait banjir di jalan dengan status jalan negara tersebut. (*)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved