Pilkada DKI Jakarta

Hasil Penghitungan Suara Bisa Dilihat Setelah Dua Hari Pencoblosan di KPU DKI

KPU DKI Jakarta Sumarno telah menyiapkan tim khusus untuk penghitungan suara, agar warga DKI Jakarta bisa cepat mengetahui hasil penghitungan suara pa

Hasil Penghitungan Suara Bisa Dilihat Setelah Dua Hari Pencoblosan di KPU DKI
Faizal Rapsanjani
Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno di Kantor KPU DKI, Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (14/2/2017). 

WARTA KOTA, SENEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno telah menyiapkan tim khusus untuk penghitungan suara, agar warga DKI Jakarta bisa cepat mengetahui hasil penghitungan suara pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno, menyebut sebanyak 160 petugas operator ditugaskan untuk memindai dan mengunggah formulir C1 hasil penghitungan suara di setiap TPS mulai Rabu (15/2/2017) malam.

"Jadi nanti begitu selesai pemungutan suara, kemudian langsung dihitung di Tempat Pemungutan Suara (TPS). nanti ada salah satu dokumen namanya C1 itu akan dibawa ke Bidakara, ini di provinsi," kata Sumarno, di Kantor KPU DKI, Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (14/2/2017).

Kemudian dokumen hasil penghitungan suara di setiap TPS (C1 Plano) itu akan lansung di upload ke website kpujakarta.go.id untuk langsung disebarkan kepada publik.

"Itu bisa dilihat bahkan bisa di-download, kemudian akan dilakukan entry data. KPU DKI sudah menyiapkan 160 tugas operator yang akan meng-entry data dan memindai C1 itu," jelasnya.

Dari 13.023 TPS yang ada di DKI Jakarta, Sumarno menyebut kurun waktu 1-2 hari sudah dapat disebarkan kepada publik.

"Dalam 1-2 hari itu sudah selesai di 13.023 TPS. Jadi masyarakat bisa mendapatkan informasi lebih awal, tapi ini bukan hasil resmi karena hasil resmi KPU adalah yang dilakukan penghitungan secara manual dan berjenjang," imbuhnya.

Untuk penghitungan suara resmi, setidaknya dibutuhkan waktu dua minggu dan melalui proses bertahap secara manual, demi mendapatkan hasi yang akurat.

"Jadi tanggal 15 dihitung di TPS, tanggal 16-22 dilakukan rekap di kecamatan, tanggal 22-25 di tingkat kota, dan 25-27 di tingkat provinsi," tutupnya. (Faizal Rapsanjani)

Mekanisme Penghitungan Suara Hasil Pemilu DKI Jakarta di TPS:

1. Ketua KPPS di bantu anggota KPPS membuka kotak suara.

2. Anggota KPPS mengeluarkan surat suara dan menyusun serta menghitung jumlah surat suara serta mengumumkan jumlah surat suara.

3. Ketua KPPS menentukan sah atau tidaknya surat suara, lalu mengumumkan suara jelas tanda coblos surat suara dan menunjukan kepada saksi dan PPL.

4. Anggota KPPS ketiga dan keempat mencatat ke dalam formulir model C1 Plano yang ditempel dipapan pengumuman dengan cara tally dan memastikan kebenarannya serta mengisi angka jumlah pada kolom jumlah.

5. Anggota KPPS kelima bertugas melipat suara. Anggota KPPS keenam dan ketujuh menyusun dan mengelompokan antara surat suara yang Sah dan tidak Sah.

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved