Gedung Baru RSUD Depok Belum Dapat Digunakan Tahun Ini

Meski pembangunannya sudah rampung, gedung baru RSUD Kota Depok belum dapat digunakan atau dioperasikan tahun 2017 ini sesuai rencana semula.

Gedung Baru RSUD Depok Belum Dapat Digunakan Tahun Ini
www.depok.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok 

WARTA KOTA, DEPOK-Meski pembangunannya sudah rampung, gedung baru RSUD Kota Depok yakni gedung BD, dipastikan belum dapat digunakan atau dioperasikan tahun 2017 ini, seperti rencana sebelumnya.

Sebab, masih ada sejumlah perangkat gedung dan peralatan kesehatan lain yang harus dilengkapi untuk dapat beroperasinya gedung 8 lantai senilai Rp 120 miliar itu dalam melayani masyarakat.

Direncanakan, Gedung BD RSUD Depok, baru bisa dioperasikan dengan menggelar soft launching pada awal 2018 mendatang.

Hal itu dikatakan Wali Kota Depok Mohamad Idris Abdul Shomad saat membuka Forum OPD RSUD Depok di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Senin (13/2/2017).

"Gedung dan ruangan sudah ada, tapi harus ada penyempurnaan perangkat lain yang mendukung. Jika dipaksakan beroperasi saat ini, maka ada resiko atas keselamatan pasien. Jadi kami tidak mau terburu-buru. Insya Allah awal tahun depan, gedung baru RSUD akan siap beroperasi," kata Idris.

Ia menjelaskan beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dilengkapi di gedung baru itu diantaranya adalah sejumlah alat kesehatan yakni CT Scan dan alat endoscopy, sejumlah mebel dan furnitur, juga pembuatan ramp yang landai di gedung tersebut agar memudahkan kereta dorong pasien serta pasien berkursi roda.

"Pembuatan ramp ini sangat penting. Kita tidak ingin hal yang tidak diinginkan terjadi seperti jika ada gempa misalnya. Sebab untuk evakuasi pasien, tentunya harus melalui ramp yang kini belum ada. Kalau tidak ada, akan sangat riskan sekali," katanya.

Untuk itu, kata Idris, mencegah hal tersebut terjadi pihaknya menunda pengoperasian gedung baru RSUD Depok yang berlokasi di Sawangan, Kota Depok, hingga 2018 mendatang.

"Semoga tahun depan semua sarana dan prasarananya sudah lengkap, termasuk alat kesehatan CT Scan dan endoscopy," kata Idris.

Nantinya kata dia sebelum penggunaan gedung baru tersebut dilakukan, penyerahannya harus menyeluruh dari pihak yang membangun yakni Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Depok, ke pihak RSUD Kota Depok.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved