Yuk, Kunjungi Pameran Hasil Riset LIPI 50 Tahun di Indonesian Science Expo 2017

Momentum 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan digelar ajang bertajuk 'Indonesian Science Expo (ISE) 2017'.

Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Wakil Kepala LIPI Bambang Subiyanto dan Ketua ISE 2017 Laksana Tri Handoko saat acara Kick Off Indonesian Science Expo 2017 di Gedung LIPI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2017). 

WARTA KOTA, SETIABUDI -- Momentum 50 tahun kiprah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan digelar ajang bertajuk 'Indonesian Science Expo (ISE) 2017'.

Acara ini diadakan untuk menggaungkan kembali beragam hasil riset karya peneliti Indonesia.

Wakil Kepala LIPI Bambang Subiyanto mengatakan, Indonesian Science Expo 2017 punya tiga tujuan utama yang hendak dicapai.

Pertama, pertanggungjawaban kepada publik tentang peran dan capaian LIPI.

Kedua, momentum untuk melakukan evaluasi atas kekuatan dan kelemahan LIPI dalam menjalankan fungsi.

Dan ketiga, untuk merumuskan usulan konsep untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan manfaat bagi masyarakat.

"Penyelenggaraan ISE juga diarahkan agar meningkatkan peran pemerintah dan swasta dalam memberi dukungan sumber daya bagi pengembangan ilmu teknologi," kata Bambang saat acara Kick Off Indonesian Science Expo 2017 di Gedung LIPI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2017).

Ketua ISE 2017, Laksana Tri Handoko menjelaskan, acara ini terdiri dari tiga hal.

Pertama, Science for Science. Yaitu, berupa kontribusi LIPI dalam perkembangan ilmu pengetahuan melalui pembaruan teori, hasil temuan baru, dan karya tulis ilmiah yang bereputasi.

Kedua, Science for Scientific Community, yaitu misi mencerdaskan bangsa lewat manfaat dari hasil riset-risetnya.

"Kalau yang ketiga yakni Science for Stakeholders. Yakni, kontribusi LIPI bagi kebijakan negara lewat hasil risetnya," kata Laksana.

Indonesian Science Expo 2017 terdiri dari pra kegiatan dan pelaksanaan kegiatan. Kick off dimulai pada 2 Februari 2017 dengan serangkaian kegiatan serta lomba ke depannya.

Sedangkan pelaksanaan kegiatan diadakan pada 23 hingga 26 Oktober 2017 nanti di Balai Kartini, Jakarta.

Kegiatan acara terdiri dari pameran hasil riset yang diisi pula oleh acara science art, movie, show, games, workshop, hingga talkshow.

Selain itu ada juga rutinitas seru seperti Youth Science Fair 2017, Science Based Industrial Innovation Award 2017, Pekan Inovasi Teknologi, pameran industri, pameran lembaga penelitian, serta konferensi ilmiah. (ign)

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved