Silicon Valley pun Menentang Kebijakan Imigrasi Trump, Ini Alasannya

Silicon Valley pada akhir pekan lalu memimpin penolakan terhadap kebijakan imigrasi Presiden Amerika Serikat Donald Trump sekaligus membantu karyawan

Silicon Valley pun Menentang Kebijakan Imigrasi Trump, Ini Alasannya
Jim Wilson/The New York Times
Sejumlah orang berunjuk rasa di Bandara Internasional San Francisco menentang kebijakan imigrasi Donald Trump, Sabtu (28/1/2017) waktu setempat. (Foto: Jim Wilson/The New York Times) 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Silicon Valley pada akhir pekan lalu memimpin penolakan terhadap kebijakan imigrasi Presiden Amerika Serikat Donald Trump sekaligus membantu karyawan mereka yang terjerat masalah tersebut.

Industri tersebut sudah lama bergantung pada imigran dan juga berterima kasih atas kontribusi mereka, hanya sedikit langkah awal tentang bagaimana menanggapi kebijakan tersebut.

Kebanyakan pemain industri teknologi langsung merespon kebijakan tersebut dan mengkritik Trump.

Apa yang mereka lakukan lebih jauh dari sektor lain yang kebanyakan diam selama akhir pekan lalu.

Reuters melaporkan sebagian besar bank utama AS dan perusahaan mobil menolak berkomentar terhadap isu tersebut.

Trump melarang sementara pengunjung dari tujuh negara mayoritas berpenduduk Muslim dan menghentikan sementara program penerimaan pengungsi selama 120 hari.

Aksi Trump itu memicu reaksi global dan juga menimbulkan kebingungan dan kemarahan di kalangan pengungsi.

Perusahaan besar seperti Apple Inc, Google dan Microsoft Corp menawarkan bantuan legal untuk karyawan yang terkena peraturan tersebut, berdasarkan surat yang mereka kirim untuk para staf.

Beberapa petinggi Silicon Valley dikabarkan mendonasikan uang mereka untuk bantuan hukum guna mendukung para imigran menghadapi larangan tersebut.

Pimpinan Tesla, Elon Musk, dan bos Uber, Travis Kalanick, menyatakan di Twitter mereka akan menyampaikan kehawatiran tersebut ke dewan penasihat bisnis Trump.

Halaman
12
Editor: Andy Pribadi
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved