Breaking News:

Kebakaran Pasar Senen

Pengusaha Sablon dan Reklame Pasar Senen Ditawarkan Pindah ke Johar Baru

Hal itu dilakukannya untuk menampung aspirasi para pedagang apabila menolak untuk dipindahkan di tempat penampungan sementara (TPS) di Blok V

Editor: Andy Pribadi
Rangga Baskoro
Kawasan Pasar Senen Blok V yang akan dijadikan sebagai tempat penampungan sementara (TPS) bagi pedagang di Blok I dan II. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

WARTA KOTA, SENEN -- Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Irwandi menyatakan akan menyediakan tempat alternatif kepada pengusaha sablon dan reklame di Pasar Senen Blok I dan II yang rencanannya akan direlokasi di kawasan Blok V.

Tempat yang disediakan pihaknya berada di sekitar Johar Baru, yakni eks-tempat promosi ikan hias yang saat ini tidak lagi dipergunakan.

Hal itu dilakukannya untuk menampung aspirasi para pedagang apabila menolak untuk dipindahkan di tempat penampungan sementara (TPS) di Blok V lantai I dan II.

"Blok V sudah disiapkan untuk penampungan, kita tidak berkontribusi karena masih kewenangan PT Pembangunan Jaya. Tapi bagi pengusaha sablon kami menawarkan untuk tempat kerja atau sarana sablon dan reklame di Johar Baru di tempat promosi ikan hias yang saat ini kosong," kata Irwandi, saat dihubungi baru-baru ini.

Tempat relokasi tersebut diprediksi bisa menampung sebanyak 150 pengusaha sablon dan reklame yang kiosnya terbakar, Kamis (19/1) silam.

"Para pedagang kan ada anak buahnya sekitar dua sampai tiga orang, tempat itu bisa menampung semua," ujarnya.

Ia menambahkan, rencana ini sudah disampaikan kepada para pedagang yang saay ini belum memiliki kejelasan terkait tempat usaha.

"Sudah saya kasih tahu ke mereka. Kalau mau netap juga boleh, nanti kami jadiin sentra sablon dan cetak," kata Irwandi.

Di sisi lain, Edi Santoso selaku Koordinator Trade Center, PT Pembangunan Jaya Real Properti, yakni pengelola Pasar Senen Blol I dan II menanggapi positif usulan yang yang dicetuskan oleh pihak Dinas KUMKMP DKI Jakarta.

Ia menyatakan pilihan mengenai lokasi berdagang akan dikembalikan lagi kepada masing-masing individu untuk menentukannya.

"Itu hak para pedagang, kami selaku pengelola sifatnya hanya berusaha untuk mencarikan tempat relokasi. Jadi kami tidak bisa memaksakan mereka (pedagang)," ujar Edi.

Saat ini, pengelola sedang berusaha untuk membenahi kawasan Pasar Senen Blok V di Lantai I dan II.

Pengelola menyanggupi TPS yang berada di area parkir Blok I dan II akan segera rampung di minggu, sedangkan Blok V lantai I dan II akan selesai dalam kurun waktu 1,5 hingga 2 bulan mendatang.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved