Kebakaran Pasar Senen

Meski Kiosnya Terbakar Hingga Dua Kali, Kartono Tak Patah Semangat

"Curiga (disabotase) sih ada. Tapi, kalau memang benar begitu, musibah ini tetap takdir Yang Kuasa," begitu kata Kartono

Editor: Andy Pribadi
Rangga Baskoro
Kartono dan sisa-sisa isi kiosnya yang terbakar. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

WARTA KOTA, SENEN -- "Curiga (disabotase) sih ada. Tapi, kalau memang benar begitu, musibah ini tetap takdir Yang Kuasa," begitu kata Kartono ketika menanggapi kiosnya yang terbakar hingga dua kali, di Pasar Senen Blok I dan II, Jakarta Pusat, Minggu (29/1).

Sebelum pindah ke Blok I, Kartono yang berdagang perabot rumah tangga sempat berdagang di Blok III.

Namun apa daya, kios yang ditempatinya terbakar pada tahun 2014 lalu. Hal itu menyebabkan kerugian hingga sekitar Rp3 miliar.

Kini, ia kembali harus menelan pil pahit, karena sebanyak 6 kiosnya yang terletak di Blok I lantai I kembali terbakar pada Kamis (19/1) silam.

Kerugian yang dialaminya hingga bahkan mencapai Rp4 miliar.

"Diambil hikmahnya saja, barangkali orang-orang yang ada disini kurang amal, atau mungkin yang lainnya. Ikhlaskan saja. Jadi orang baik itu mudah sekali, tapi jadi orang bijak dan ikhlas itu sulit," tambahnya.

Bahkan, Kartono masih menilai bahwa dirinya cukup beruntung karena masih bisa menyelamatkan sepertiga aset dagangannya yang notabene terbuat dari barang pecah belah dan stainless steel.

"Kalau wajan atau perabot yang gosong kan masih bisa kami kiloin, kalau piring paling hanya kotor saja. Sepertiga dagangan saya masih bisa dijadikan uang," ucap Kartono.

Sebanyak kurang lebih 2000 kilogram dagangannya akan dijual kepada pengepul besi tua yang terletak tak jauh dari Blok I dan II.

Kartono menambahkan 1 kilogram besi, akan dihargai sebesar Rp1500.

"Jadi paling dapat sekitar Rp3 juta, itu juga buat 11 orang teman-teman yang membantu membereskan barang-barang," tuturnya.

Menolak direlokasi di Blok V

Kartono yang hanya menyewa tempat di Blok I sudah menghubungi pemilik kios.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved