Breaking News:

Pilkada DKI Jakarta

KPU DKI Jelaskan Tina Talisa yang Tidak Berafiliasi dengan Parpol

Dahliah Umar menceritakan banyaknya pihak yang bertanya mengenai latar belakang salah satu moderator acara debat kedua Pilkada DKI, Tina Talisa.

KOMPAS.com/SYAHRUL MUNIR
Tina Talisa di sela proses shooting iklan Tolak Angin di kompleks Pabrik Sido Muncul, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Rabu (2/9/2015) siang. 

WARTA KOTA, SENEN -- Komisioner KPUD DKI Jakarta Dahliah Umar menceritakan banyaknya pihak yang bertanya mengenai latar belakang salah satu moderator acara debat kedua Pilkada DKI, Tina Talisa.

Mereka mempertanyakan apakah Tina bisa tetap netral, sementara dia dikabarkan pernah menghadiri acara Partai Demokrat selaku pengusung pasangan Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni.

Baca: Antasari Bikin Heboh Ruang Debat Kandidat, Pendukung: Bongkar! Bongkar!

"Saya tanyakan langsung ke Tina. Kemudian dia menjawab pertama adalah betul dia pernah menjadi host (acara) parpol, sebagai pembicara untuk tema komunikasi politik dalam kegiatan politik, sebagai narasumber saja," kata Dahliah kepada Kompas.com di kantornya, Jumat (27/1/2017).

Dahliah juga mengatakan bahwa Tina tidak hanya hadir di acara salah satu parpol, melainkan di sejumlah parpol besar, termasuk PDI Perjuangan, PAN, dan Golkar.

Baca: KPU DKI Sebut Semua Ketua Umum Parpol Pengusung Ahok-Djarot akan Datang di Acara Debat

"Jadi memang karena dia presenter, sering diundang oleh partai untuk event yang mereka selenggarakan. Dia tidak pernah jadi kader partai apapun dan berafiliasi mendukung calon tertentu di Pilkada atau Pilpres," ucap Dahliah.

Tina sebelumnya sempat menjadi moderator untuk debat Pilkada di beberapa kabupaten/kota di Sulawesi, belum lama ini.

Pertimbangan itulah yang kemudian membuat KPU DKI menunjuk Tina menjadi salah satu moderator pada debat Pilkada DKI.

Sebelum menyetujui menjadi moderator pun, Tina telah menandatangani pakta integritas yang menyatakan dia tetap netral dan tidak membocorkan rahasia materi debat kepada tim maupun pasangan calon.

Bersama Tina, turut serta Eko Prasodjo sebagai moderator kedua dalam debat nanti malam. Eko Prasodjo merupakan Guru Besar Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia.

Dia juga pernah menjabat Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi. (Andri Donnal Putera)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved