Pilkada DKI Jakarta

Partisipasi Pemilih Jakarta Pusat Menjadi Wilayah yang Terendah seDKI Jakarta

Tingkat partisipasi Pilkada dalam lima tahun belakangan ini Jakarta Pusat menjadi wilayah yang tingkat partisipasinya rendah.

WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO
Komisioner KPUD DKI Jakarta, Wahyu, dalam acara Diskusi yang bertemakan "Menciptakan Pilkada Provinsi DKI Jakarta 2017 Berlangsung Damai, Aman, dan Demokratis" di Gedung Joeang DHN 45. Jakarta, Kamis (26/1/2017). 

WARTA KOTA, MENTENG -- Tingkat partisipasi Pilkada dalam lima tahun belakangan ini Jakarta Pusat menjadi wilayah yang tingkat partisipasinya rendah.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner KPUD DKI Jakarta, Wahyu dalam acara Diskusi yang bertemakan "Menciptakan Pilkada Provinsi DKI Jakarta 2017 Berlangsung Damai, Aman, dan Demokratis" di Gedung Joeang DHN 45. Jakarta, Kamis (26/1/2017).

"Jika dilihat tingkat partisipasi pemilih Masyarakat Jakarta Pusat Itu rendah seDKI Jakarta, untuk mengatisipasi hal tersebut kami sudah melakukan sosialisasi agar pada tahun ini mengalami peningkatan," katanya.

Menurut Wahyu, faktor tingkat partisipasi pemilih Jakarta Pusat memang sudah lima tahun terakhir selalu terendah, ia juga tidak mengetahui pasti apa penyebabnya.

"Kami pernah riset kecil-kecilan faktor paling krusial itu masalah bahwa tanggal 15 itu hari libur, ketika hari libur itu masyarakat merancang liburan mereka sejak jauh-jauh hari sehingga mereka ini ambil cuti sebelum hari pemilu, dan masih banyak lagi permasalahannya salah satunya mereka menganggap kurang penting untuk mendatangi TPS," katanya.

Pada Pilpres pada tahun lalu paling rendah 70, 2 persen dan untuk Pileg 64 persen SeDKI Jakarta.

"Kami optimis meningkat pada tahun ini, tapi kami lihat juga realitasnya seperti apa, karena kami juga sudah banyak program yang dilakukan, seperti kami memiliki relawab domokrasi, kami juga sosialisasi secara masif ke RT, RW dan Kecamatan sehingga hal tersebut bisa menjadi langkah untuk mengajak masyarakat untuk mengunakan hak pilihnya," katanya.

Untuk keamanan pada Pilkada mendatang pihak KPUD DKI Jakarta sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, saat ini hanya fokus dalam pelipatan suara. (Joko Supriyanto)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved