Di Purwakarta, Domba Pun Punya Hotel Khusus

Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan membangun hotel dengan kapasitas 100 domba.

HUmas Pemkab Purawakarta
Pemkab Purwakarta akan membangun hotel domba atau kandang domba untuk mendukung Stadion Kidang Pananjung Cikubang. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan membangun hotel dengan kapasitas 100 domba.

Hotel tersebut merupakan fasilitas tambahan stadion ketangkasan domba di Purwakarta yang bernama Stadion Kidang Pananjung Cikubang.

“Luas arealnya mencapai 10 hektar di Kampung Cikubang, Kecamatan Kiara Pedes, Kabupaten Purwakarta,” ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat dihubungi Sabtu (21/1/2017).

Dedi menjelaskan, saat ini stadion tersebut sudah terbangun. Hanya saja mengalami beberapa perbaikan disesuaikan dengan karakteristik daerah dan kesundaan.

“Ada perbaikan di tempat kursi penonton. Terus nantinya saat pergelaran adu ketangkasan domba, semua juru kawih, pengisi acara harus mengenakan pangsi atau kebaya. Begitupun yang nonton,” ucapnya.

Tak hanya itu, kesenian yang mengiringi ketangkasan domba pun harus kental dengan budaya Sunda seperti pencak silat. Begitu pun tembang yang dinyanyikan juru kawih.

“Saya yakin dengan konsep ini, bisa membawa wisatawan ke Purwakarta, baik lokal maupun mancanegara. Karena di luar negeri sana belum ada ketangkasan domba dan semua pelaku serta penontonnya pake pangsi maupun kebaya,” tuturnya.

Untuk mendukung stadion ketangkasan ini, ia akan membangun hotel domba atau kandang domba berkapasitas 100 domba. Di hotel tersebut, domba bisa istirahat dan dipijit sebelum mengikuti adu ketangkasan.

Selama ini, sambung Dedi, domba yang akan ikut adu ketangkasan begitu datang ke lokasi langsung beratraksi. Hal tersebut tidak sehat untuk domba itu sendiri.

“Itu tidak berperikedombaan. Karena domba dalam keadaan capek langsung ikut adu ketangkasan. Makanya harus istirahat dulu di hotel domba,” ungkapnya.

Halaman
12
Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved