Kebakaran Pasar Senen

Pasar Jaya Akui Belum Semua Pasar Memenuhi Standar Keamanan Antisipasi Kebakaran

Terbakarnya Pasar Senen Blok III yang dikelola Jaya Property menjadi evaluasi tersendiri bagi PD Pasar Jaya yang mengelola ratusan pasar di Jakarta.

Pasar Jaya Akui Belum Semua Pasar Memenuhi Standar Keamanan Antisipasi Kebakaran
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah pemilik kios korban kebakaran Pasar Senen, antre mendaftar relokasi/penampungan sementara di halaman Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (20/1/2017). 

WARTA KOTA, JATINEGARA - Terbakarnya Pasar Senen Blok III yang dikelola Jaya Property menjadi evaluasi tersendiri bagi PD Pasar Jaya yang mengelola ratusan pasar di Jakarta.

Kepala Humas PD Pasar Jaya Gatra Vaganza mengakui, saat ini belum semua pasar milik Pasar Jaya dilengkapi standar keamanan terhadap bahaya kebakaran.

"Untuk pasar-pasar dengan bangunan lama memang belum ada alat pemadam kebakaran darurat. Harusnya memang ada alat pemadam kebakaran sendiri," katanya, Sabtu (21/1/2017).

Baca: Kata Sandiaga Uno, Pengelola Blok M Square Siap Tampung Pedagang Pasar Senen

Akan tetapi, di sejumlah pasar dengan bangunan baru, Gatra memastikan sudah dilengkapi dengan hydrant sebagai antisipasi jika terjadi kebakaran.

"Tidak cuma di satu titik. Bahkan hydrant ditempatkan di sejumlah titik di masing-masing lantai. Ini untuk bangunan baru," imbuhnya.

Selain itu, para petugas pasar juga sudah dibekali keahlian menggunakan hydrant melalui pelatihan yang dilakukan petugas pemadam kebakaran.

"Untuk kios bangunan pasar baru juga seluruhnya sudah kami asuransikan," ujarnya.

Gatra memastikan, pasar-pasar di bawah Pasar Jaya ke depan akan memenuhi standar keamanan antisipasi kebakaran dengan adanya hydrant.

Baca: Pedagang Pasar Senen Minta Sumarsono Jangan Hanya Janji

"Makanya mudah-mudahan proses revitalisasi sejumlah pasar lama milik kami segera tuntas. Saat ini masih dalam proses baik persiapan pembangunan dan sebagian pembangunan sedang berjalan. Di gedung baru nanti dipastikan dilengkapi standar keamanan kebakaran," terangnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved