Program Warnet Cerdas, Garapan Kreatif Camat Cantik dari Cipayung

Maraknya kenalan anak dan remaja sebagian berasal dari penyedia jasa warnet yang membebaskan penggunanya meng-eksplore segala macam hal.

Program Warnet Cerdas, Garapan Kreatif Camat Cantik dari Cipayung
Warta Kota/Feryanto Hadi
Camat Cipayung Iin Mutmainah 

WARTA KOTA, CIPAYUNG - Maraknya kenakalan anak dan remaja sebagian berasal dari penyedia jasa internet atau warnet yang membebaskan penggunanya meng-eksplore segala macam hal.

Tidak sedikit remaja pelajar yang menghabiskan waktu sia-sia di warnet, yakni dengan bermain game online bahkan menonton tayangan porno.

Kenyataan ini membuat Iin Mutmainah selaku Camat Cipayung, Jakarta Timur, menginisiasi sebuah program positif bernama Warnet Cerdas yang bertujuan untuk menjaga moralitas anak-anak dan remaja di wilayahnya.

"Ini bentuk penjagaan kita terhadap masa depan anak dan remaja. Mereka boleh saja menggunakan internet tapi harus dengan tanggung jawab. Misalnya untuk mengerjakan tugas sekolah atau browsing soal ilmu pengetahuan," kata Iin kepada Warta Kota, Jumat (20/1/2017).

Iin sebelumnya prihatin ketika melakukan sidak dan menemukan sejumlah remaja berbaju seragam sekolah sedang asyik bermain game di jam sekolah. "Mereka membolos dan lebih milih bermain game. Bahkan ada yang mengakses situs-situs dewasa. Ini karena minimnya pengawasan."

Dalam program ini, pihaknya melakukan pembinaan terutama kepada pengelola warnet di Cipayung agar turut menekan tingkat kenalakan anak dan remaja.

Misalnya dengan menentukan jam operasional warnet dari pukul 07.00 hingga 22.00 pada hari biasa dan hingga pukul 23.00 pada hari libur. "Kami juga imbau para operator warnet supaya ikut melakukan pengawasan dalam hal ini memantau situs apa yang diakses anak-anak," jelasnya.

Untuk pengawasan program ini, kata Iin, dilakukan hingga ke tingkat rukun warga. "Kita targetkan tahun ini ada sekitar 60 sampai 70 warnet di Cipayung yang ikut program ini. Untuk pengawasanya dilakukan sampai tingkat RW," jelasnya.

Iin berharap program ini menjadi role model yang bisa diaplikasikan di wilayah lain khususnya di Jakarta dan di Indonesia secara umum.

"Sebab ini dalam rangka membangun karakter dan menjaga moralitas anak bangsa," imbuhnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved