Pemulihan Kuota Haji Tinggal Menunggu Keputusan Menteri

Penetapan kuota jemaah haji reguler dan haji khusus baru saja dipulihan dan hanya tinggal menunggu penetapan Menteri Agama

Editor: Andy Pribadi
Wartakotalive.com/Suprapto
Umat Islam mengikuti tawaf di Masjidil Haram, Mekah, Kamis (24/4/2014) sebagai bagian dari rukun umrah atau haji. 

Laporan wartakotalive.com, Alija Berlian Fani

WARTA KOTA, MENTENG -- Penetapan kuota jemaah haji reguler dan haji khusus baru saja dipulihan setelah adanya pemotongan sebesar 20 persen yang hanya tinggal menunggu penetapan melalui Keputusan Menteri Agama (KMA).

"Tunggu ada KMA dulu. Kemungkinan minggu depan sudah ditetapkan," kata Basir Ortala Kasi Informasi Direktorat Pendaftaran Haji pada wartakotalive.com, Jumat (20/1/2017).

Pemulihan jumlah kuota haji dilakukan setelah adanya pemotongan karena perluasan pembangunan fasilitas di Masjidil Haram di Mekkah sejak 2013.

Sebelum dipulihkan kuota haji Indonesia sebesar 168.800 dan mulai tahun 2017 bertambah 52.200 atau kembali ke kuota sebelumnya 221.000.

"Nanti jumlah yang dipulihkan dibagi kepada semua provinsi sesuai dengan proporsi penduduk muslim dan waiting listnya masing-masing," jelasnya.

Sedangan untuk penambahan kuota, masih menunggu surat resmi dari pemerintahan Arab Saudi terkait jumlah yang akan ditambahkan.

"Sementara masih lisan dari Menteri Haji Arab Saudi, mudah-mudahan penambahan 10 ribu terealisasi setelah KMA kuota ditetapkan," jelasnya

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved