Wah, Demi Bangun Stasiun MRT, Jalan Fatmawati Ditutup Selama Enam Bulan

Jadi, kami minta satu titik ini ditutup supaya bisa membawa semua pekerjaan konstruksi itu ke Februari 2019.

Wah, Demi Bangun Stasiun MRT, Jalan Fatmawati Ditutup Selama Enam Bulan
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi. Pekerja mengecek pembangunan terowongan MRT, di Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu (14/12/2016). 

WARTA KOTA, BALAI KOTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan lakukan secara total pengalihan atau rekayasa lalu lintas dengan menutup Jalan Fatmawati, Kebayoranbaru, Jakarta Selatan sepanjang 400 meter pada 4 Februari sampai 11 Agustus atau sekitar enam bulan.

Penutupan jalan itu terkait pembangunan Stasiun Mass Rapid Transit (MRT) di Jalan Haji Nawi, Cilandak, Jakarta Selatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono mengatakan bahwa dilakukan karena MRT membutuhkan lahan untuk konstruksi stasiun Haji Nawi.

"Karena, jika jalan itu tidak ditutup, maka seluruh konstruksi mundur ke belakang. Artinya, pembangunan bisa selesai Agustus 2019. Jadi, kami minta satu titik ini ditutup supaya bisa membawa semua pekerjaan konstruksi itu ke Februari 2019," kata Sumarsono, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (17/1/2017).

Menurut Sumarsono atau Soni, pihaknya telah meminta agar Dinas Perhubungan bersama Dirlantas Polda Metro Jaya segera melakukan sosialisasi mengenai rekayasa lalin itu.

Namun, penutupan tidak dilakukan diseluruh ruas jalan. Di sekitar pembangunan stasiun akan disisakan satu jalur kiri kanan sekitar tiga meter di atas trotoar.

"Nantinya kendaraan akan dialihkan melalui Jalan Antasari maupun Pondok Indah. Memang dampaknya pasti menambah kemacetan. Tapi ini namanya resiko pembangunan," katanya.

Menurut Soni, Januari 2018, nanti, kereta pertama akan tiba di Jakarta. Pihaknya akan memulai latihan untuk menjalankan kereta sekira Juni 2018. Dimana, konstruksinya akan selesai sekira Juni 2018.‎

Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved