Tawuran Warga

Warga Manggarai Sepakat Berdamai

Warga RW 04 Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, yang kerap terlibat tawuran dengan sesama warga, sepakat mengakhiri konflik.

Warga Manggarai Sepakat Berdamai
Warta Kota/Gopis Simatupang
Ikrar damai warga RW 04 Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (9/1/2017). 

WARTA KOTA, TEBET -- Warga RW 04 Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, yang kerap terlibat tawuran dengan sesama warga, sepakat mengakhiri konflik.

Para warga yang selama ini bertikai membuat kesepakatan damai, Senin (9/1/2017) siang.

Bertempat di Balai Warga RW 04 sekitar pukul 13.00, dilakukan Ikrar Perdamaian antara orang-orang yang ditenggarai selaku provokasi dan penggerak tawuran antarwarga selama ini.

20170109Warga Manggarai Sepakat Berdamai1
Ikrar damai warga RW 04 Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (9/1/2017).

Seperti diketahui, terakhir, tawuran antarwarga terjadi pada Minggu (8/1/2017).

Ikrar damai itu menindaklanjuti imbauan Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Iwan Kurniawan, yang sebelumnya memediasi seluruh warga yang trlibat tawuran antarkampung warga RT 06, 07, 08, 09 dan 15 melawan warga RT 09, 10, 11, 12, 13, dan 16.

Ikrar perdamaian antara warga yang terlibat konflik itu disaksikan oleh Camat Tebet, Kapolsektro Tebet, Danramil Tebet, Lurah Manggarai, para Ketua RT yang warganya terlibat tawuran, dan tokoh masyarakat.

Dalam ikrar damai itu, para pelaku tawuran membuat surat pernyataan damai yang isinya: Tidak akan mengulangi perbuatan tawuran dan perbuatan lainnya yang melanggar hukum dan menyatakan sanggup diproses hukum oleh pihak kepolisian apabila melanggar surat pernyataan yang sudah.

Kapolsektro Tebet, Komisaris Nurdin Arrahman, mengatakan, menindaklanjuti arahan dan petunjuk Kapolres, setelah dilakukan perdamaian hendaknya tidak ada lagi tawuran berikutnya.

Apabila kembali timbul gejala perselisihan dalam bentuk apapun agar dilaporkan kepada pihak kepolisian.

"Apabila dikemudian hari ternyata masih ada tawuran maka sesuai perintah Kapolres akan dilakukan tindakan penegakan hukum. Siapapun yang melanggar akan ditindak," ujar Nurdin, Senin (9/1/2017).

Camat Tebet, Mahludin, berharap para warga konsisten dengan apa yang sudah disepakati dan dituangkan dalam surat pernyataan.

"Hendaknya warga menaati dan berterimakasih atas kebijakan dari pihak kepolisian dalam melakukan langkah-langkah persuasif dalam menangani tawuran warga. Hendaknya saling jaga kerukunan antar sesama warga demi terjaminnya rasa aman dan tentram, khususnya di lingkungan RW 04," kata Mahludin. (gps)

20170108 Tawuran2
Petugas kepolisian dari gabungan Polres Metro Jakarta Selatan dibantu oleh Polres Metro Jakarta Pusat telah menetralisir tawuran yang terjadi di sepanjang Jalan Manggarai Utara II sekitar jam 17.45.
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved