Olympic Center Cibubur Ganti Nama

Kemenpora terpaksa mengganti nama lokasi pusat pelatihan atlet Olympic Center Cibubur setelah IOC keberatan dengan penggunaan nama itu.

Olympic Center Cibubur Ganti Nama
Warta Kota/Banu Adikara
Olympic Center Cibubur sebagai tempat berlatih cabang olahraga angkat besi, panahan, senam, dan beberapa olahraga beladiri. 

WARTA KOTA, SENAYAN - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terpaksa mengganti nama lokasi pusat pelatihan atlet Olympic Center Cibubur.

Pergantian nama dilakukan setelah International Olympic Comitee (IOC) keberatan dengan penggunaan nama itu.

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot Dewa Broto menuturkan,  dari surat yang diterima Kemenpora dari IOC pada Desember 2016 kemarin, dikatakan bahwa kewenangan penggunaan kata Olympic hanya diperuntukkan bagi IOC.

"Kemenpora sudah sempat mengirim surat ke IOC untuk minta izin penggunaan nama Olympic Center di Cibubur pada November lalu. Hasilnya, IOC tidak menyetujui penggunaan nama tersebut, " katanya.

Menurut Gatot, sebagaimana disebutkan IOC dalam suratnya, penggunaan kata Olympic juga harus terkait dengan kegiatan olimpiade, termasuk pengumpulan dana yang pada hakekatnya bertujuan untuk keberlangsungan sebuah event olimpiade.

"Kami tentu menghargai dan menghormati keputusan IOC. Kami akan cari nama alternatif, " kata Gatot lagi.

Langkah ini diambil Kemenpora mengingat dulu pernah mendapat protes akibat penggunaan lambang lima lingkaran selayaknya lambang olimpiade.

"Tentu kami tidak mau kesalahan seperti itu terulang lagi,"  katanya.

Gedung tersebut, kata Gatot, rencananya bakal diresmikan pada akhir tahun 2017. "Akan kami launching padq Desember 2017 saat semuanya sudah selesai," katanya.

Gedung latihan tersebut rencananya bakal menjadi tempat latihan 11 cabang olahraga, yakni atletik, angkat berat, panahan, tinju, gulat, taekwondo, judo, senam, karate, panjat tebing, dan anggar.

Penulis: z--
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved