Sulit Diakses, Sejumlah Halte Busway Masih Tidak Ramah Penyandang Disabilitas dan Orang Tua

Halte busway sulit dijangkau oleh kaum disabilitas, bahkan orang tua (jompo) pun kesulitan, apalagi penyandang disabilitas.

Sulit Diakses, Sejumlah Halte Busway Masih Tidak Ramah Penyandang Disabilitas dan Orang Tua
Warta Kota/Rangga Baskoro
Halte tidak ramah disabilitas, Halte Transjakarta Juanda. 

WARTA KOTA, GAMBIR -- Sejumlah Halte Transjakarta yang terletak di tengah jalur perlintasan masih sulit dijangkau oleh kaum disabilitas, bahkan orang tua (jompo) pun kesulitan, apalagi penyandang disabilitas.

Hal tersebut dikarenakan untuk bisa sampai ke dalam halte busway, sejumlah jembatan penyeberangan orang (JPO) masih menggunakan sistem anak tangga.

Seperti halte busway Transjakarta Juanda koridor 2.

Halte yang terletak tepat di depan Stasiun Juanda ini, dinilai menyulitkan penyandang disabilitas karena sulitnya akses untuk menuju halte.

"Di sini (halte Transjakarta Juanda) menurut saya masih agak sulit ya aksesnya untuk disabilitas. Soalnya masih pakai tangga," ungkap Berlian saat ditemui di sekitar halte Transjakarta Juanda, di Jalan Ir H Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (4/1/2016).

Baca: BERITA VIDEO : Inilah Penampakan Halte CSW di Jalur Busway Layang

Berlian menganggap anak tangga yang berada di JPO akan menyulitkan tuna netra dan sejumlah orang yang memiliki keterbatasan fisik.

"Mohon maaf, kalau yang tuna netra dan dan misalnya punya keterbatasan fisik, misalnya menggunakan alat bantu untuk berjalan, kan jadinya lama sampai haltenya," ucapnya.

Selain itu, terdapat jalan setapak yang sempit sebelum memasuki area di depan halte. Hal tersebut dikarenakan terdapat pilar beton untuk menyangga jalur rel kereta api yang ada diatasnya.

"Coba lihat disana, jalannya aja sempit begitu, kalau ramai orang-orang mau masuk atau keluar halte, terjadi antrean di sana," tutur Berlian.

Baca: Halte Bus di Jalan Ciledug Raya Ambruk

Contoh lain, seperti yang terlihat di halte Transjakarta Harmoni. Kendati JPO yang terletak di sisi Jalan Gajah Mada sudah menggunakan sistem jalan setapak, namun pada JPO yang berada di sisi Jalan Hayam Wuruk masih menggunakan sistem anak tangga.

Halaman
12
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved