Breaking News:

Libur Tahun Baru, Penumpang KRL Capai 792 Ribu

PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) mencatat peningkatan jumlah penumpang signifikan pada hari pertama tahun 2017.

Tribunnews.com
Para penumpang antre tiket KRL di Stasiun Bogor 

WARTA KOTA, CAWANG -- PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) mencatat peningkatan jumlah penumpang signifikan pada hari pertama tahun 2017.

Sebanyak 792.594 penumpang tercatat menggunakan moda transportasi itu, atau meningkat sekitar 30 persen dibandingkan rata-rata per hari pada moment liburan.

Eva Chairunisa VP Corporate Communications PT KCJ mengatakan, peningkatan penumpang terpantau di sejumlah stasiun yang dekat dengan lokasi wisata, seperti Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Bogor.

Pada tanggal 1 Januari 2017 kemarin, jumlah penumpang Stasiun Jakarta Kota tercatat 67.935 atau naik 150 persen dibandingkan hari libur normal yaitu 26.557 pengguna.

Sedangkan untuk stasiun Bogor meningkat 71 persen ke angka 64.249 dari yang biasanya 37.464 penumpang per hari pada sabtu atau minggu biasa.

"Moment libur tahun baru terpantau pergerakan masyarakat ke sejumlah lokasi wisata melalui stasiun terdekat. Penggunaan moda transportasi massal seperti KRL efektif menekan kemacetan. Dan masyarakat sudah mulai sadar itu," kata Eva saat menghubungi Warta Kota di Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (2/1/2017).

"Secara keseluruhan jumlah pengguna jasa krl pada 1 Januari 2017 lalu tercatat mencapai 792.594 sedangkan pada hari libur biasa pengguna hanya berkisar 600 ribu sampai 630 ribu perhari atau meningkat sekitar 30 persen," Eva menambahkan.

Menurut Eva, mengingat pada musim libur cukup banyak pengguna yang memakai tiket harian maka untuk fasilitas pelayanan transaksi tiket, PT KCJ mengoperasikan perangkat loket sementara (POS Mobile) sebagai loket tambahan di sejumlah stasiun yang dipadati penumpang seperti Bogor (4 unit), Jakarta Kota (5 unit), Manggarai (2 unit), Tebet (2 unit), Juanda (2 unit) dan Bekasi (2 unit).

Selain perangkat transaksi tiket, sejumlah petugas seperti pelayanan, kebersihan dan pengamanan juga ditambah hingga dua kali lipat pada stasiun yang padat pengguna.

PT KCJ mengimbau bagi para penumpang yang ingin lebih praktis dalam menggunakan KRL pada musim libur ini untuk menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), imbuh Eva.

Dengan menggunakan KMT, kata dia pengguna dapat langsung menuju gate dan tidak perlu antri diloket setiap akan melakukan perjalanan selama saldo pada KMT mencukupi.

Sementara, bagi calon penumpang yang masih ingin menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB) diimbau agar menggunakan THB Pergi Pulang (THB PP) untuk menghindari antri di stasiun tujuannya saat akan menggunakan kereta kembali untuk perjalanan pulang.

"THB PP akan mempermudah para calon penumpang dalam melakukan perjalanannya, karena hanya perlu melakukan satu kali transaksi pergi-pulang di loket stasiun keberangkatan dengan relasi yang sama," ungkap Eva.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved